23.8 C
Bandung
June 6, 2020
binpers.com
Jawa Barat Lintas Daerah Sosial

Dana Desa Untuk BLT-Desa Fokus Membantu Terdampak Covid 19 Cair

0Shares
Indramayu, BN – Dana Desa di Indramayu BLT-Desa tahap satu dapat di cairkan kendati belum semua Desa, dari 143 desa baru 94 Desa yang bisa di cairkan Dana Desa pencarian tahap satu untuk membantu masyarakat terdampak Covid 19, implementasi PMK No 40 Tahun 2020 tentang perubahan PMK No 205 Tentang pencairan Dana Desa.

Pada pencarian dana desa tahap satu sesuai PMK No 40 tahun 2020 ini desa hanya menerima sebesar 15 persen pada bulan pertama fokus untuk bantuan penanganan Covid 19 yang menjadi target pemerintah guna penangan dampak pademi .

Untuk salurkan Dana Desa tahap satu fokus BLT-Desa, KPPN telah menyetujui proses pencarian Dana Desa sebesar Rp 7,5 milyar per 18 Mai 2020 untuk 94 Desa di 27 kecamatan.

PLT kepala BKD kabupaten Indramayu Ahmad Sadzali melalui pejabat penata usahakan keuangan SKPKD Ali Siswoyo mengatakan, penyaluran dana desa penyerahan dana Desa di kabupaten Indramayu Tahun 2020 sesuai dengan ketentuan PMK No 205 tahun 2020 telah tuntas di transfer kepada 163 Desa  sebesar 40 persen atau sebesar Rp.82,454,909,600 .

“Anggaran dana desa tersebut di peruntukan bagi desa sebagian besar di gunakan untuk infrastruktur dengan pola padat karya.Namun secara teknis pelaksanaan ada pada lidingsektor BPMD Indramayu,” kata Ali di kantornya. (18/05)

“Adapun untuk pencarian Dana Desa tahap satu saat ini mengacu pada PMK No 40 tahun 2020, di mana Desa Harus memproritaskan penggunaan dana Desa untuk BLT-DESA selama tiga bulan kedepannya dengan perincian tahap satu sebesar 15 persen, tahap 2 sebesar 15 persen dan tahap 3 sebesar 10 persen, karena dalam amanat ketentuan PMK tersebut dana Desa di pergunakan fokus untuk masyarakat desa yang terdampak pademi Covid 19,” terang Ali.

Di singgung tentang 163 desa yang sudah menyalurkan Dana Desa tahap satu saat ini pihaknya sudah menerima pangajuan tahap dua yang peruntukannya sama untuk BLT-Desa dengan masyarakat selama tiga bulan kedepan masing masing 15 persen,tahap dua 15 persen dan tahap tiga 10 persen total serapan tahap 40 persen penyaluran tahap 2.

Sementara itu Kepala Bidang Pemdes DPMD Indramayu, A Sulaiman melalui staf DPMD Umar Dhani mengatakan untuk pencarian Dana Desa tahap satu sesuai PMK No 40 tahun 2020 seluruh Desa harus prioritaskan pada program BLT-DESA berdasarkan peraturan perdes tentang BLT-DESA di dukung dengan lampiran nominatif Calon Penerima Calon Lapangan (CPCL) yang sudah di sahkan oleh Kepala Desa dan di ketahui Camat setempat.

Pelaksanaan tahapan itu berdasarkan ketentuan permendes no 6 tahun 2020 di mana kepala desa harus membentuk tim Covid 19 di dukung penguatan SK kepala desa di sahkan camat setempat di lanjutkan dengan pengajuan pembukaan rekening bagi penerima dan BLT-Desa.

“Jadi setelah salur Dana Desa tahap satu masuk ke kas desa pemohon membuat surat pengajuan  setanding instruktion ( SI) kepada pihak bank BJB untuk di proses dan di masukkan kepada rekening masing-masing penerima BLT-Desa ,” tutur Umar.

Menurutnya Dana Desa tahap satu ini bisa di gunakan untuk kegiatan lainnya, jika fokus penanganan BLT susah terpenuhi dengan baik termasuk jika di temukan penerima BLT tersebut ganda dengan program bansos lainnya bisa di coret dan di ganti dengan nama lain yang layak.

Adapun data yang diperoleh Binpres desa yang sudah salur ,94 Desa pada tahap satu sebesar 15 persen adalah sebagai berikut:

Kecamatan Kertasmaya : Desa Tulungagung, Tegal Wirangrong, Jengkok,Kliwed,Tanajar Lor, Lemah Ayu, Kertasmaya, Tanajar,Dan Aqsokawera. Kecamatan Losarang: Desa Losarang, Karimun. Kecamatan Sukra : Desa Bogor, Tegal Taman, Kecamatan Kandanghaur ; Desa Bulak, Soge, Kertawinangun,Dan Desa Ilir. Kecamatan Haurgeulis : Desa Sukajati, Kecamatan Balongan: Desa Sukareza,Sukaurip, Rawa Dalem,Balongan,Tegal Urung, Tegal Sembadra,Majakerta,Dan Desa Sudi Mampir. Kecamatan Bangodua : Desa Badiyut. Kecamatan Karangampel: Desa Pringgacala. Kecamatan Gantar : Desa Mekar Waru, Bantar Uni, Samca, Situraja,Bale Raja.Kecamatan Pasekan: Desa Pagirikan, Kecamatan Tukdana ; Dasa Mekarsari,Bodas, Sukamulya, Kerticala,Lajer,Dan Desa Tukdana. Kecamatan Gabuswetan : Desa Babakan Jaya, Kedokan Gabus, Rancamulya, Gabuswetan,Dan Desa Drunten Wetan. Kecamatan Widasari : Desa Kalensari, Kasmaran,Dan Ujung Pendok Jaya. Kecamatan Krangkeng  : Desa Srengseng,Dan Kali Anyar. Kecamatan Juntinyuat ; Desa Sambi Maya, Dadap,Dan Juntinyuat. Kecamatan Sliyeg : Desa Tugu,Sliyeg, Majasih, Sudikampiran, Gadingan,Mekar Gading. Kecamatan Jatibarang : Desa Bulak, Kebulen, Dan Cibiran Lor. Kecamatan Sindang ; Desa Panyindangan Kulon, Terusan,Wamantara, Dermayu, Sindang,Dan Babadan. Kecamatan Cantigi : Desa Cangkring. Kecamatan Lohbener : Desa Kiajaran,Larangan, Rambatan Kulon, Kiajaran Kulon,Lanngut,Waru,Legok, Bojong Slawi, Lohbener,Pemantauan,Dan Sindangkerta. Kecamatan Anjatan ; Desa Anjatan Utara Dan Desa Kopyah. Kecamatan Cikedung : Desa Mundak Jaya. Kecamatan Lelea : Desa Tunggul Payung. Kecamatan Sukagumiwang : Desa Tersana, Dan Gendongan. Kecamatan Terisi Desa Mangungan. Kecamatan Gedokan Binder : Desa Kedokan Bunder. (WRC Indramayu)

0Shares

Berita Terkait :

Pagimana Peringati Hari Patriotik 12 Februari 1942

binpers

Gubernur HD Berikan Penjelasan Soal Disetujui PSBB Palembang dan Prabumulih

Susilawati

Satgas Yonarmed 9 Himbau Bahaya Covid 19 di Desa Soagimalaha

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy