28.5 C
Bandung
July 6, 2020
binpers.com
Investigasi Lintas Daerah Maluku Utara

Tak Miliki IPAL Kadis Juga Sebut Dokter Gigi Mahal, Dengan Alasan Biar Di Bayar Ratusan Juta, Mereka Tidak Akan Mau Bertugas Di Halmahera

0Shares
Tidore, BN –  Keresahan masyarakat Desa Talagamori terhadap Puskesmas yang tidak memiliki tempat Pembuangan limbah dan Tidak memiliki dokter Gigi ini ternyata benar adanya.

Berdasarkan penelusuran Tim Berita investigasi Nasional www.binpers.com di Desa Talagamori untuk itu Sebagai sarana pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan pengobatan pada warga yang sakit, sudah sepantasnya dan  seharusnya puskesmas memiliki sarana Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memadai dan banyak masyarakat di Talagamori dan sekitarnya mengharapkan dokter gigi ,karena itu mereka sangat mengaharapkan perhatian dari Walikota Tidore.

Namun di Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara hingga saat ini  5  puskesmas belum memiliki IPAL dan Dokter gigi, salah satunya Puskesmas Di daratan Oba Desa Talagamori, dan yang lainya di Rum Tidore,Tosa,dan Tomalou .

Belum semua puskesmas memiliki IPAL, tutur kadis kesehatan Dr. Abdulah di ruang kerjanya dirinya menjelaskan jika IPAL itu tidak terlalu penting katanya.

“Karena biaya membangun IPAL cukup besar mencapai Rp 600 juta per unit. Hal ini menyebabkan proses pengadaannya dilakukan secara bertahap,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota tidore juga menjelaskan jika tahun ini insallah sudah kami Anggarkan .

PAL harus dimiliki oleh sebuah Rumah Sakit atau Puskesmas, karena sebagai salah satu fasilitas utama yang harus ada. Keberadaan IPAL di sebuah rumah sakit dapat dilihat dari peraturan/regulasi yang ada. Di antaranya Undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Juga PP No.82/2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air.

Peraturan tentang pengolahan limbah B3 dapat dibaca di PP 18/1999 yakni pada Pasal 3 berbunyi, “Setiap orang yang melakukan usaha dan/ atau kegiatan yang menghasilkan limbah B3 dilarang membuang limbah yang dihasilkannya itu secara langsung ke dalam media lingkungan hidup tanpa pengelolaan terlebih dahulu”.

Ia mengakui, seluruh puskesmas di wilayah Kota tidore memang belum berstatus Lengkap karena masih banyak kekurangan, padahal kadis sudah menyampaikan ke pemkot dalam hal ini walikota akan tetapi belum ada signal untuk memastikan kebenaran berita tersebut , sampai saat ini sesuai hasil pantauan Tim Berita investigasi Nasional www.binpers.com (10/05/2020) yang langsung turun di TKP memang benar ,jika masih banyak kekurangan alat maupun tenaga medis Seperti Tenaga dokter gigi! .

Saat di tanya masalah  Dokter gigi , Kadis Kesehatan Kota Tidore menjelaskan jika dokter gigi, tidak mau bertugas di Halmahera, “torang su cari me tra dapa dan bukan urusan torang, kan sudah torang buka kontrak tapi dorang tidak ada yang mau, tidak mau biar di bayar berapa ratus juta pun mereka tidak mau, sudah cari tapi tidak ada karena mereka sangat mahal dan tidak mau bertugas di daratan  halmahera,” tegasnya.

Lanjut Kadis juga menyampaikan jika benar Talagamori saat ini nilai akreditasinya paling rendah karena faktor tata kelolanya dan sumber daya manusia ,Fasilitasnya untuk itu persyaratannya belum lengkap jadi benar masih Dasar, dan tahun ini akan di buat lebih baik lagi sehingga bangunan dan alatnya bisa seperti Puskesmas lainnya.

Dan saat di tanya masalah uang semua sudah di berikan kepada puskesmas dan sudah di bagikan setiap petugas yang bekerja  60 ribu  setiap hari  turun bertugas  untuk uang insiatifnya sekiranya seperti itu tutup Kadis Kesehatan.(Ms)

0Shares

Berita Terkait :

Kapolda Riau Dan Rombongan Tinjau Lokasi Karhutla Rupat Bengkalis

binpers

Direktorat Pamobvit Polda Lampung Kerjasama dengan PT. ASDP untuk Sukseskan Keamanan dan Kenyamanan dalam Nataru

Istia Miralita

Warga Penerima Bantuan Rutilahu Harjamukti Kota Cirebon, Mengeluhkan Karena Mangkrak Dikerjakan Setengah Jalan

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy