28.8 C
Bandung
June 5, 2020
binpers.com
Lintas Daerah Maluku Utara

Kondisi Pasar Bastiong , Bau Dan Jorok

0Shares
Ternate, BN – Masih ingat di tahun 2018 Lalu ,Pasar Bastiong dan beberapa pasar yang di resmikan Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman didampingi Wakil Wali Kota, Abdullah Taher serta ketua Dekranasda kota Ternate, bersama unsur Forkompinda kota Ternate, Kamis (8/2/2018) silam,yang telah meresmikan secara simbolis empat gedung pasar di kota Ternate.

Antara lain, pasar Teras Gamalama, pasar Bahari Berkesan III, pasar Bastiong serta pasar rakyat di kecamatan Hiri.

Dari 4 gedung pasar yang diresmikan wali kota, 3 diantaranya adalah gedung baru sedangkan 1 lainnya, adalah pasar Bastiong yang direnovasi pemerintah Kota ternate, sesuai Hasil investigasi Tim Berita investigasi Nasional www.binpers.com 17:09 Wit Terlihat suasana di Lantai ll gedung pasar Bastiong yang di bangun memakai anggaran bantuan Dana Alokasi Khusus dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan itu,Terlihat tak berguna.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) Kota Ternate Hasim Yusuf, saat di temui di Pasar Bastiong saat kunjungan mendadak, terkait informasi dan langsung memantau  aktifitas pedagang di lantai 1 dan 2  namun terlihat kecewa dengan kondisi di lantai 2 sepi dan hanya 1 tempat yang buka yaitu tempat cetak foto , sambil berjalan mengelilingi Kios Kios yang tidak fungsi.

Untuk itu kepada awak media binpers.com Kadis menyampaikan, “Insyallah kedepan nanti  kondisi  Covid 19 atau Virus Corona ini berlalu. ia akan menyampaikan usulan agar bisa di tata kembali atau ada perbaikan, kasihan Harapan Masyarakat khususnya yang namanya sudah menepati kios atau tempat  tak bisa berjualan karena Basah kena air hujan.”

“Jika nanti usulan saya di terima Insyallah di lantai 2 ini akan kami tata sebagus mungkin dan paling pas yaitu di jadikan  tempat lokasi Kuliner di Lantai 2, Karena untuk melihat kondisi saat ini Koliner paling pas ,semua yang jualan di lokasi terminal nanti kita sampaikan lagi agar bisa menyesuikan  agar biar kota ternate khusus tempat kuliner punya tempat sendiri di pasar Bastiong  lantai dua  tersendiri, yang kita sering lihat seperti  kota jakarta,” tutur Kadis.

Dan untuk pantauan binpers.com langsung di lapangan  pasar yang di resmikan  dan Fasilitas yg baru kini terlihat Rusak semacam lampu lampu juga putus sebagian  hilang dan hujan sering banjir,Bukan hanya banjir di lantai 2 pasar Bastiong yang di bangun memakan anggaran milyaran Rupiah itu terlihat jorok dan bau, pasalnya banyak botol bekas kencing dan sesuai Informasi salah satu warga Bastiong jika sering menjadi tempat muda mudi  berpacaran di atas.

Untuk itu harapan masyarakat yang tinggal di Bastiong pasar berharap agar Satpol PP sering patroli di pasar Bastiong khusus nya di lantai 2, pembangunan pasar merupakan komitmen Wali Kota menuju pembangunan ekonomi yang merata dan berkeadilan.

Hingga saat ini, pemerintah dibawah kepemimpinan wali kota Burhan Abdurahman telah membangun dan merevitalisasi sejumlah pasar yang ada pada hampir semua kecamatan di Ternate, namun salah satu contoh yang Buruk yaitu pengelolaan yang tidak baik.

Masih banyak kekurangan di pasar bastiong yang di duga kuat belum maksimal pembangunan pasar tersebut, anggaran besar dan pasar Bastiong tersebut  di bangun oleh PT. Intim Kara .Sesuai informasi yang di sampaikan adalah  , proses pembangunan dan revitalisasi pasar di kota Ternate tak lepas dari bantuan Dana Alokasi Khusus dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan, sehingga saat ini ada 24 gedung pasar, termasuk yang sementara dibangun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi urbanisasi pedagang.

Untuk itu  jumlah pedagang di Ternate 2018 lalu sebanyak 2.675 sehingga dengan adanya pasar ini seharus memberikan kemudahan bagi pedagang. Akan tetapi sejauh ini masih banyak kekurangan dan perlu di perhatikan kembali. (MS)

0Shares

Berita Terkait :

Pasien S Yang Di Duga Terkena Virus Corona Di Ruang Isolasi, Kini Terlihat Sehat Dan Ceria

Rizky Pratama

Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Family Development Session (FDS), Program Keluarga Harapan (PKH) E-Learing

binpers

Kepala Distrik Wasior Turun Langsung Ke Lokasi untuk Cek Proyek Jalan Rabat yang Belum Diselesaikan

Susilawati
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy