28.8 C
Bandung
June 5, 2020
binpers.com
Lintas Daerah Sosial Sulsel

Bupati Luwu Lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar

0Shares
Luwu, BN – Untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, Bupati Luwu Basmin Mattayang melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan menutup pasar.

“Tadi kami sudah rapatkan bahwa untuk pasar-pasar yang skala kecil itu diupayakan tutup, namun ada pembatasan waktu maksimal pukul 09.00 WITA pasar sudah ditutup, dan sudah bersih guna menghindari kerumunan yang dapat membuat penularan Covid-19,” kata Basmin saat dikonfirmasi di rumah jabatan, Rabu (01/04/2020) sore.

Selain menutup pasar, pihaknya juga melakukan pembatasan terhadap rumah makan atau restoran yang beroperasi.

“Untuk rumah makan tetap buka, tetapi tidak boleh tinggal makan di dalam, masyarakat dihimbau untuk bawa ke rumah saja,atau dibungkus,” ucap Basmin.

Ia juga menjelaskan bahwa, stok pangan dalam menghadapi pandemic Corona untuk beberapa bulan ke depan masih aman dan mencukupi.

“Alhamdulillah sampai detik ini belum ada laporan yang datang dari tim gugus covid-19 tentang adanya masyarakat yang tidak memiliki stok pangan sampai hari ini,dan Pencegahan pandemi corona pemerintah Kabupaten Luwu  bekerja sampai malam, termasuk dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Luwu mengimbau masyarakat agar tetap waspada, sadar diri sendiri, sehingga mampu melaksanakan karantina diri di rumah masing-masing, dalam rangka mengikuti segala imbauan dari Presiden, Menteri dan Gubernur Sulawesi Selatan serta imbauan Bupati.

Sementara Kapolres Luwu AKBP Fajar Dani Susanto, yang juga sebagai Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19, dalam melakukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSSB) akan melakukan dua langkah yakni preemtif dan preventif.

“Langkah pertama adalah preemtif Polres jalin kerjasama dengan aparatur terkait, Pemda untuk melaksanakan himbauan-himbauan kepada masyarakat, saya sendiri buat rekaman terkait himbauan yang sudah disebarkan ke Bhabinkamtibmas, ke desa-desa dan tempat publik, sehingga rekaman imbauan itu dapat diputar minimal setelah adzan (waktu sholat) setiap harinya,” ungkap Fajar saat dihubungi wartawan media binpers.com, Rabu (01/04/2020).

Kemudian langkah kedua, menurut Fajar yakni secara preventif  dengan menggiatkan Patroli bersama TNI, Satpol PP dan bubarkan kerumunan.

“Langkah preventif ini dalam waktu dekat bersama Satgas Gugus Penanganan penyebaran wabah pandemik, akan memantau pergerakan orang di perbatasan Kabupaten Luwu, Kabupaten Wajo, serta perbatasan Kabupaten Luwu ,Kabupaten Luwu Utara,” ucap Fajar. (Sulaiman)

0Shares

Berita Terkait :

Tenaga Kesehatan Diharapkan Lakukan Screening Terhadap Kasus TBC Minim Di Sejumlah Tempat

binpers

Jelang Pilkades, Pimdes Desa Karangsari Kendal Gelar Rakor dan Bintek Satlinmas

Susilawati

160 Pengurus KONI Sumsel Dilantik, Target Perbaki Prestasi

Susilawati
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy