binpers.com
Lintas Daerah Sosial Sulsel

Tim Gugus Pencegahan Penyebaran Covid-19 Lakukan Pendataan Self Monitoring

Luwu, BN – Tim Gugus Pencegahan penyebaran  Covid 19 kabupaten Luwu mengeluarkan rilis data penanganan pencegahan penyebaran virus corona pertanggal 23/3/2020.

Data ini dilaporkan langsung oleh ketua tim Gugus yakni Yermia Maya, kepada Bupati Luwu H.Basmin mattayang, di rumah jabatan Bupati Luwu, di Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Senin (23/03/2020)

Dalam realese tersebut, tercantum data jumlah pengawasan terhadap orang yang baru saja datang dari daerah yang terdampak topik dalam dan luar negeri (self monitoring) sebanyak 104 orang.

“Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 7 orang, dan pasien dalam pengawasan( PDP) sebanyak 1 orang, sehingga total data penanganan pencegahan sebanyak 112 orang, Kemarin kami telah menghadap ke bapak Bupati, dan melaporkan data sementara penanganan pencegahan penyebaran COVID-19, serta langkah-langkah yang telah kami lakukan sejauh ini,” kata Yermia Mayas.

Yermia Juga menjelaskan istilah dari Self Monitoring itu adalah, Semua orang yang pernah berkunjung dari daerah yang sudah dinyatakan terpapar virus corona, baik itu dalam negeri maupun luar negeri, Sedangkan (ODP) adalah orang dalam pemantauan yang sudah menunjukkan gejala seperti batuk, demam, serta flu, dan yang terakhir adalah pasien dalam pengawasan (PDP) adalah orang yang dalam perawatan serta dalam pengawasan tim medis memiliki gejala lebih berat seperti sesak foto rotgen, menunjukkan gambaran pneumonia paru-paru basah. Dan diambil sampel untuk dikonfirmasi positif atau negatif terjangkit virus.

Setelah surat edaran Bupati Luwu dikeluarkan kami tim gugus tugas telah melakukan, langkah-langkah diantaranya adalah melakukan pendekatan komunikasi kepada keluarga pasien PDP, sehingga dapat dilakukan penyemprotan cairan desinfektan di rumah tinggal PDP dan rumah sekitarnya oleh tim gabungan dari dinas kesehatan BPBD, unsur TNI polri camat buah dan kades  setempat.

Tim juga memberikan edukasi kepada keluarga dan masyarakat sekitar untuk senantiasa melakukan Social Distancing, menjaga jarak ,jelas Jeremiah Maya, yang didampingi oleh sekretaris tim gugus tugas, Aminudin, kepala BPBD kabupaten Luwu, Rahman Mandaria, serta direktur RSUD Batara Guru Dokter Daud Mustakim.M.kes.

Selain langkah itu, tim gugus juga dalam melakukan sosialisasi surat edaran Bupati mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa melakukan penutupan.

Sementara tempat-tempat keramaian seperti cafe,dan taman hiburan lainnya.Dan yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan ruang isolasi pasien dalam pengawasan di rumah sakit umum daerah Batara Guru Belopa.(SuL)

Related posts

BINPERS.COM