28.8 C
Bandung
June 5, 2020
binpers.com
Lintas Daerah Maluku Utara Politik

Menyambut Pilkada Serentak GAMKI Ternate Gelar Dialog Publik

0Shares
Ternate, BN – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI ) Kota Ternate mengelar Dialog Publik yang bertajuk Pilkada Serentak dan Dampaknya Terhadap Pembangunan, Selasa (25/02) di Istana Cafe.

Yokpedi Lette selaku Ketua DPC GAMKI Kota Ternate dalam sambutanya menyampaikan bahwa Membangun Daerah adalah tanggung jawab kita bersama, tema yang diangkat ini adalah bagian dari refleksi dan kegelisaan kami dalam mengamati dinamika Pilkada serentak tahun 2020 atau Tahun Politik, dimana akan ada perwujudan serta pergantian pucuk pimpinan, GAMKI sebagai wada kepemudaan suda saatnya membangun Narasi positif untuk terlibat aktif dan menjawab kegelisaan publik soal Pilkada Serentak. Salah satunya mengadakan Dialog Publik malam ini.

Lanjut Yokpedi, semoga dialog ini dapat mengadirkan rekomendasi serta kajian kritis bagi pihak terkait untuk mengevaluasi pilkada serentak. Artinya kita tidak hanya terjebak pada tataran normatif saja, tetapi mari kita membangun kultur bahwa hasil Pilkada Serentak dapat membangun peradaban pembangunan. Saya juga mengabresiasi bagi kehadiran OKP dalam diskusi tersebut, ini langka awal kita untuk komitmen menjadi garda terdepan mengawal proses demokrasi dan kemajuan pembangunan di Kota Ternate.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifly Sahlan, S.Pd menyampaikan apresiasi positif kepada GAMKI yang mau memulai ini, bahwa indeks kerawanan pemilu yg dikeluarkan oleh bawaslu pusat, Ternate masuk dalam 15 besar. Ada hal yang kemudian menjadi catatan Khusus terkait Pilkada yaitu Money politik yang masih menjadi praktek para kontestan politik. Dan itu diagaungkan menjadi senjata terakhir dalam alam demokrasi. Akhirnya setela menang mengembalikan anggaran yang telah dikeluarkan pada waktu Pilkada, hal ini akan berdampak pada Pembangunan pasca pemilu, karena mereka akan berpikir bagamana menutupi modal kampanye. Pemilihan yang prosesnya berjalan baik akan melahirkankan pemimpin yang baik, bagaiman mewujudkan ada 3 indikator pertama Penyelenggara harus baik. Dua Kontestan harus baik taat asas taat hukum dan ketiga Partisipasi pemilihan menigkat, Mari bersama kita awasi pemilu.

Sedangkan Wakapolres Kompol M. Jufri Dukomalamo menyampaikan bahwa Beberapa kerawanan pemilu paling berdampak terhadap pembangunan adalah politik identitas. Karena akan menimbulkan konflik berkepanjangan, tapi akhir-akhir ini masyarakat semakin paham dengan hal itu, dan kami merasa optimis bahwa pemilu 2020 ini akan berjalan dgn baik.

Sharoni Hirto ketua KNPI Kota Ternate, Selaku Pemateri terakhir menyampaikan bahwa urusan Pilkada adalah tanggung jawab bersama semua komponen, kita berharap Pilkada serentak kali ini bisa menghadirkan pemimpin yang berkualitas.

“Selama rakyat belum berdikari demokrasi akan masih tetap menjadi tanda tanya bagi kita semua, pilkada ini harus di kawal dengan baik oleh kita semua karena ini menyangkut nasib lima tahun sampai 10 tahun kedepan,” tutup Sahroni.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

JOB PMT Mentri LHK Segera Bersikap

binpers

Kantongi Izin Kemendagri dan Rekomendasi KASN, Nanang Ermanto Lantik Enam Pejabat Hasil Seleksi Terbuka

Rizky Pratama

Pemdes Narawita Gelar Program PKTD  

Susilawati
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy