binpers.com
Ekonomi & Bisnis Lintas Daerah Sulteng

Kabupaten Tolitoli Panen Raya, Harga Cengkeh Kembali Anjlok

Tolitoli, BN – Di awal Tahun 2020, Kabupaten Tolitoli kembali Panen Raya Cengkeh. Harga dipasaran mulai menurun, Cengkeh Kering saat ini seharga Rp 65 ribu/Kg, jauh dari Harga Normal yang biasanya Rp 90-100 ribu/Kg, Jumat (09/02/2020) beberapa waktu lalu.

Masyarakat Tolitoli mulai resah dengan kondisi harga komodiri Cengkeh yang semakin anjlok. padahal masa panen tahun ini merupakan berkah bagi masyarakat Kabupaten Tolitoli. Karena, dari kurun waktu tiga tahun terakhir, baru saat ini  panen raya di Kabupaten Tolitoli. Namun sangat disayangkan, harga komoditi Cengkeh kembali anjlok bahkan bisa dipastikan jika harga akan terus turun karena masa panen baru saja dimulai, diperkirakan masa panen akan terus berlanjut hingga pasca lebaran Idul Fitri nanti.

Salah satu masyarakat, Amir Makmun (48) saat ditemui dirumahnya mengatakan bahwa, dirinya tetap optimis kepada Pemerintah agar kiranya dapat mempertimbangkan Harga Cengkeh dengan biaya produksi yang dikeluarkan untuk membiaya dan merawatnya.

“Kami sadar bahwa selama ini komoditi Cengkeh dimonopoli oleh para pemodal yang bermain dipasar bebas. Namun bukan tidak mungkin keterlibatan Pemerintah dikesampingkan. Sehingga kami berharap agar Pemerintah dapat melakukan kajian  yang bisa berpihak kepada masyarakat minimal harga komoditi Cengkeh mendekati harga normal. Padahal saat ini Pemerintah terus melakukan impor komoditi Cengkeh dari luar. Sehingga jelas jika stok komoditi Cengkeh menipis, karena saat ini baru Kabupaten Tolitoli yang sedang mengalami panen raya,” ungkapnya. (R Pane)

Related posts

BINPERS.COM