binpers.com
Investigasi Lintas Daerah Maluku Utara

Aliran Air Drainase Menghitam Diduga Kuat Limbah PLTU

Tidore, BN – Perlindungan Perairan Pesisir di Tidore Rum dari dampak limbah buangan pembangkit listrik PLTU Tidore  2×7 MW tenaga uap  batubara lemah, Aturan saat ini tak cukup memastikan laut terbebas pencemaran limbah cair dari penyimpanan batubara dan abu hasil pembakaran dan operasional termal.

Namun, dari hasil Investigasi mendapatkan sebuah hasil yang mengejutkan, di aliran drainasi yang langsung menuju laut ini kedapatan warna air yang hitam pekat diduga berasal dari buangan limbah batubara.

Salahsatu warga bernama Arsad menyampaikan bukan hanya air limbah saja yang mengganggu akan tetapi debu yang setiap hari masuk kedalam rumahpun sangat berbahaya. “Saya pastikan jika ada pihak PLTU yang berani tinggal di rumah jika makanan dan air minum terkena debu jika tidak di tutup rapat mereka tidak akan berani memakanya, jika ada yang mengatakan saya berbohong saya berani tanda tangan di atas hitam dan ptih, silahkan ambil rumah saya,” keluhnya.

Kita bisa lihat Landasan utama pencegahan dampak pencemaran air limbah dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 8 Tahun 2009 tentang Baku Mutu Air Limbah bagi Usaha dan/atau Kegiatan Pembangkit Listrik Tenaga Termal ialah turunan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencernaran Air.

Peraturan itu juga tak menetapkan baku mutu air lindi di tempat penyimpanan dan penimbunan abu batubara hasil pembakaran. Air Lindi dari abu batubara berbahaya karena mengandung logam berat yang berisiko mencemari ekosistem laut. Karena itu, Masyarakat mempertanyakan  Aturan  KLHK  baku mutu air limbah PLTU batubara yang dibuang ke laut.

Di tempat terpisa saat di Konfirmasih t Via telefon Ilham selaku penanggung jawab PLTU membantah jika air yang mengalir itu Hanya Air lumut , dan nanti Ia perintahkan anak buahnya untuk membersihkan.

Terkait Keterangan yang di sampaikan Ilham, Tim Berita investigasi Akan Terus mencari Bukti Bukti produksi dan di zona pembuangan apakah sudah ada tempat saringannya atau belum pasalnya sesuai pantauan jika benar sudah ada saringan warna airnya tak akan hita seperti itu, dan mudah mudahan saja Apa yang di sampaikan Ilham”jika air yang Berwarna Hitam itu Hanya Lumut. Bukan hasil air limbah yang di buang ke laut. Tapi bisa di lihat Sesuai Bukti di TKP terlihat Yang keluar dari Drenase milik PLTU yang mengarah ke Pantai itu adalah Air limbah Batu Bara.(MS)

Related posts

BINPERS.COM