binpers.com
Jawa Barat Lintas Daerah Opini

Ajak Elemen Masyarakat Antisipasi Dan Tolak Politik Uang

Cianjur, BN – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten cianjur yang akan berlangsung pada 23 febuari  2020, Ary Nurjaly SH sebagai aktivis Manggala Garuda Putih  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengantisipasi dan menolak segala bentuk kecurangan, termasuk politik uang.

Menurut Ary , dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini, masyarakat benar-benar harus melihat, memperhatikan, dan ikut mensukseskan, sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

“Masyarakat harus terlibat bersama-sama untuk menjaga keamanan dan ketertiban, termasuk mengantisipasi segala praktik curang, di antaranya politik uang. Karena biasanya kecurangan itu suka ada juga, mungkin tadi seperti dikatakan money politic, meskipun itu susah untuk dibuktikan,” kata Ary.

Ary menjelaskan, 248 desa di 34 kecamatan secara serentak akan melaksanakan pilkades pada 23 febuari 2020, dan saat ini berlangsung tahapan kampanye. Ia berharap, pelaksanaan pilkades serentak di cianjur berlangsung lancar dan aman, serta tidak diwarnai praktik kecurangan.

“Untuk itu, masyarakat harus ikut menjaganya agar tidak terjadi kecurangan,” pintanya.

Jika ditemukan ada praktik kecurangan, kata Ary, maka panitia di tingkat desa akan menindaknya sesuai aturan yang berlaku. Termasuk diproses hingga tingkat penegak hukum.

“Kalau ada pelanggaran nanti ada teguran dari panitia tingkat desanya. Jadi itu tegur dulu di tingkat desa,” ungkapnya.

Ary menuturkan, bagi calon maupun masyarakat yang kecewa terhadap hasil pemilihan, maka dapat melaporkannya ke panitia tingkat pemerintah kecamatan sebagai bagian dari panitia pilkades tingkat kabupaten.

“Kalau tidak puas maka bisa dilanjutkan ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara). Tapi aduan-aduan diakomodir diselesaikan di tingkat kecamatan terlebih dahulu,” pungkasnya Ary Nurjaly SH.(RED)

Related posts

BINPERS.COM