29.2 C
Bandung
July 8, 2020
binpers.com
Ekonomi & Bisnis Lintas Daerah Maluku Utara

Cemilan Khas Maluku Utara Menopang Ekonomi Masyarakat Desa Tiowor

0Shares
Halut, BN – Badan Usaha milik Desa (Bumdes) merupakan usaha dikelolah oleh masyarakat, dan dibina oleh pemerintah Desa untuk mencapai kemandirian  Desa. Bumdes Mode Tapso  Desa Tiowor dikenal oleh Dengan masrakat yang bermodal awal dari masyarakat dan pemerintah Desa setempat, telah banyak memasarkan berbagai macam jenis  cemilan cemilan khas Maluku Utara, misalnya Keripik Pisang, Kue Bilolo Kenari, Kue Panada Kering, Abon Ayam, Abon Ikan Tuna, dengan jenis prodak yang dihasilakan oleh Bumdes Mode tapso Desa Tiowor, kini darisekian banyak jenis prodak cemilan khas Maluku Utara itu sudah mulai di pasarkan keluar maluku utara melalui penjualan online.

Pendirian Bumdes Mode Tapso , diinisiasi oleh pemerintah dan masyrakat dengan tujuan untuk memajukan kesejateraan Desa Tiowor.

Bumdes mode Tapso sudah memiliki  3 unit usaha di antara 3 unit usaha ini, salah satu unit usaha yang bergerak dibidang  pembuatan  cemilan oleh oleh khas Maluku Utara ini, juga banyak memperkerjakan ibu ibu, khusnya  kelompok ibu ibu janda.

Inovasi yang dikembangkan oleh Bumdes Mode Tapso, dalam unit Usaha mebuat cemilan kahas Maluku Utara Ini mampu menyerap Tenaga kerja Yang sebelumnya hanya Mempekerjakan 10 orang sekarang suda mampu menyerapa tenaga kerja dikisatan 22 orang khusnya  kelompok, janda, kelompok Majelis Taklim kelompok kader Posyandu  ibu ibu desa Tiowor yang berpotesi untuk mengelolah Unit usaha Pasar atau  Market, yang  sudah disediakan oleh Bumdes Mode Tapso.

Proses pengembangan  Usaha pembuatan cemilan Khas Maluku Utara  dilakukan dengan pola dilakukan antara masyarakat , kelompok ibu-ibu dan pihak swasta yang menerima hasil produksi , untuk dipasarkan kembali. Bumdes Mode Tapso mampu menghasilkan pendapatan Rp, 60,000,000 (enam puluh juta rupiah ) per satu Bulan.

Keberhasilan  bumdes Mode Tapso desa Tiowor Adalah membuka akses ekonomi masyarakat, khusnya kelompok ibu ibu.

Memperluas  Promosi hasil produksi sampai keluar di Provinsi Maluku Utara, Meningkatkan omset pendapatan, dalam rangka mendukung Pendapatan Asli Desa .

Direktur Bumdes yang menggagas kegiatan ini antara lain Astuti Abdurahman, Kades Desa Tiowor Kec.Kao Teluk, Sapaan Akrab Dado Mollekat

Saat di konfirmasi Media Berita investigasi Nasional www.binpers.com melalui Dana Desa pemerintah desa akan terus mendorong sektor ekonomi untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa tiowor, menurut dia keberhasilan dalam membangun suatu daerah itu diukur dari pertumbuhan ekonomi dan kualitas mutu pendidikan.

Ia berharap ada perhatian serius dari pemerinta kabupaten,provinsi maupun pusat. (MS)

0Shares

Berita Terkait :

Presiden Minta Bersihkan Bursa Dari Praktek Jual Beli Saham Yang Tidak Benar

Istia Miralita

Kapolsek Kalianda Mendampingi Acara Gerakan Penyemprotan Disinfektan di Wilayah Kecamatan Rajabasa

Rizky Pratama

Survei Kepatuhan Layanan Ombudsman: Polres Tanjung Balai Kategori Hijau

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy