binpers.com
Ekonomi & Bisnis Lintas Daerah Sulsel

Pencapaian Membanggakan Hardi dalam Pendapatan Daerah Kab.Luwu

Luwu, BN – Untuk menjalin Kerjasama sekaligus meningkatkan sinergitas, wartawan binpers.com kunjungi Kepala UPT Pendapatan Luwu di Samsat Luwu, di Jalan Tampumia Radda Kab.Luwu, Rabu (15/01/20).

Hardi selaku Kepala UPT Pendapatan Luwu Menuturkan perihal pencapaian pendapatan Kab.Luwu semasa ia bertugas sejak April 2018, saat itu posisi UPT Luwu dari 25 UPT lainya berada di bawah 10 besar,

Akibat Kerjasama antara Kepolisian Samsat, Bapenda dan Jasa Raharja, akhirnya pada akhir tahun 2018 bisa finish 100%.

Pencapaian itu membuahkan hasil besar dan menaikan posisi UPT Luwu, yang sebelumnya berada di bawah 10 besar kini mencapai 2 besar.

“Karena adanya realisasi yang baik pada tahun 2018 maka target pada tahun 2019 harus naik 6% dari tahun sebelumnya,” papar Hardi kepada Wartawan.

Hardi Optimis bahwa pencapaian realisasi di Kab.Luwu bisa melampaui 100%, “Alhamdulilah berkat upaya teman-teman dalam bentuk kegiatan Door to Door turun menyampaikan pajak yang tertunggak kemasyarakat, Kemudian kita rutin melaksanakan penertiban dan turut bekerjasama bersama kasat lantas,  Kanit patroli, kita penertiban setiap bulannya alhamdulilah sampai dan akhir tahun pencapaian realisasi kami lebih dari 100%,” lanjut Kepala UPT.

Dari PKB saja tadinya ditargetkan 23M, realisasinya mencapai 26M, kemudian di BBN ditargetkan 29M, dan realisasinya diakhir tahun 31M, dan itu tidak terlepas dari peran aktif dari pemerintah Kab.Luwu dan juga ikut mensosialisasikan pembayaran pajak melalui gerai kami yang ada di kecamatan, termasuk yang ada di Bua, Walenrang, Ponrang, Bupon, Bajo dan Larompong selatan.

Tentu Hardi berharap ditahun 2020 masih terus kita bangun kerja sama yang baik dan pemerintah kabupaten supaya pembayaran dikecamatan bahkan bisa ditambah lagi loketnya, baik masyarakat-masyarakat yang berada jauh dari kantor stasioner yang ada dibelopa itu bisa tersentuh.

Contoh, misalnya Larompong selatan jauh apabila kebelopa hanya untuk mengurus kendaraannya saja belum tentu juga dia tiba disini, mungkin ada dokumen-dokumen yang lupa terbawa akhirnya tidak selesai pada hari itu. Ada baiknya kita lakukan pelayanan dikecamatan supaya mereka tidak terlalu jauh untuk perjalanan kesini supaya bisa diselesaikan pada hari itu juga.

Tentu pencapaian realisasi yang lebih dari 100% ini tidak lepas dari partisipasi masyarakat semakin sadar akan bayar pajak, semakin memperhatikan masa jatuh temponya sehingga kami selaku kepala UPT pendapatan wilayah Luwu memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada masyarakat, karna sudah ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan yang ada di tanah Luwu ini, Umumnya secara Sulawesi Selatan, Karna dari setiap pajak yang kami pungut mulai dari kendaraan pajak bermotor,  denda pajak itu sendiri.

Ada lagi hasil yang kami berikan dalam bentuk dana transfer ke pemerintah kabupaten yang tentunya dimanfaatkan oleh pemerintah kabupaten yang dituangkan dalam struktur APBD pemerintah kabupaten Luwu yang muaranya pasti untuk pelaksanaan kegiatan pemerintah kabupaten Luwu.

Tentunya tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat di Luwu yang pasti kami juga berharap ada dukungan dari rekan media, supaya hal-hal yang mungkin sifatnya ketika ada kendala-kendala dari masyarakat bisa disampaikan supaya menjadi bahan evaluasi kami bersama teman-teman mitra dari kepolisian dan jasa Raharja supaya kedepan masalah-masalah tersebut bisa kita minimalisir.

(Sulaiman)

Related posts

BINPERS.COM