22 C
Bandung
July 10, 2020
binpers.com
Ekonomi & Bisnis Jawa Barat Lintas Daerah

Kapal Nelayan Indramayu Jawa Barat Siap Melaut Ke Natuna

0Shares
Indramayu, BN – Nelayan Indramayu Jawa barat, siap melaut ke Natuna, instruksi mobilisasi kapal nelayan dari Menteri Polhukam Mahfud MD, ditanggapi serius oleh pemilik kapal penangkap ikan.

Pantura Indramayu H.Maman Surahman yahya, mengatakan dirinya mendukung instruksi Menkopolhukam, namun yang menjadi persoalan adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) harus mempermudah pengurusan perizinan tangkap ikan bagi nelayan sebelum nelayan berangkat melaut ke Natuna, kami pada perinsipnya siap ke Natuna karena kita berangkat ke sana bukan hanya menangkap ikan semata, tapi lebih ke ikut menjaga perairan Indonesia dari gempuran kapal kapal penangkap ikan dari cina.

“Namun saya selaku pengusaha kapal penangkap ikan minta tolong pembuatan SIPI atau surat izin penangkapan ikan agar di permudah dan di percepat ” kata Maman sa’at di temui di karang song Indramayu, Selasa (07/012020).

Di katakan Maman ini sangat penting demi memproteksi para nelayan selama melaut di wilayah perairan ZEE Indonesia terkait, apa lagi menurutnya sebagian besar kapal yang telah memiliki izin (SIPI) wilayah penangkapannya adalah di kawasan Papua, sementara untuk kawasan perairan Natuna belum ada, kami minta jaminan dari KKP terkait kelengkapan SIPI atau perizinan karena SIPI adalah nyawanya kapal selain masalah SIPI yang belum ada, Sebagian besar kapal yang telah memiliki SIPI juaga izinnya untuk kelengkapan menangkap ikan di kawasan Papua, tentunya harus ada perubahan izin dan ini harus di percepat dan jangan di persulit, tentunya.

Selain persoalan izin Maman juga meminta adanya perlindungan dalam bentuk surat perintah dari Menkopolhukam, untuk melaut di perairan Natuna, karena surat ini di yakini akan membuat nelayan Indramayu lebih aman dan nyaman saat berada di natuna, hal ini sangat menjadi penting apa lagi ketika nelayan kota hendak pulang dengan membawa hasil tangkapannya di tengah perjalanan kerap di manfaatkan oleh oknum tertentu yang ingin mencari keuntungan.

Salah seorang nelayan Wardika mengungkapkan dirinya siap untuk melaut di Natuna apa bila mendapat perintah dari pemilik kapal, meski demikian ia mengaku belum tau di perairan Natuna seperti apa.

”kalo saya si ngikut aja kalo memang di ajak kesana” ujar Wardika.( WRC Indramayu)

0Shares

Berita Terkait :

Polres Tulang Bawang Tangkap 10 Pelaku Sedang Berpesta Narkotika di Tempat Karaoke

binpers

Sabu 1,6 Ton Disidangkan, Terdakwa Sempat Ribut Di Ruang Sidang

binpers

Aliran Air Drainase Menghitam Diduga Kuat Limbah PLTU

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy