binpers.com
Aceh Ekonomi & Bisnis

Said Sani: Pengembangan Bibit Kopi 500 Hektar Harus Tepat Sasaran

Gayo Lues (Aceh), BN – Tidak ingin Program 500 hektar budidaya pengembangan tanaman kopi gagal lagi, Wakil Bupati Gayo lues H. Said Sani meminta Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues melibatkan semua pihak, seperti TNI-POLRI dan camat untuk pendistribuasian bibit, pupuk dan pengawasan, agar program yang sudah dicanangkan tepat sasaran. Hal ini dikatakan Said Sani, Kamis (7/11/19) pada rapat koordinasi di Aula Dinas Pertanian.

Menurutnya, belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, pihaknya itu  tidak ingin program pengembangan kopi gagal lagi, Gayo Lues sudah mendapat bermacam bantuan bibit untuk dikembangkan serta pupuk organik, namun program tersebut gagal lantaran bantuan bibit yang diberikan tidak sepenuhnya tepat sasaran kepada petani. “Hal ini diduga karena kurangnya dalam pengawasan,” tegasnya.

Wabup berharap, semua pihak harus serius mendampingi program pengembangan tanaman 500 hektar  kopi tersebut, sehingga apa yang sudah ditargetkan bisa tercapai, agar program ini tepat sasaran.

“Saya minta kepada Koordinator PPL agar bekerja sama dengan Camat, Koramil, dan Polsek setempat,” pintanya.

Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues menggelar rapat koordinasi dengan para Camat, Danramil, Polsek serta Koordinator Penyuluh Pertanian (PPL) dari 6 (enam) Kecamatan  wilayah pengembangan tanaman Kopi seluas 500 hektar untuk tahun 2019.

Selanjutnya, selain untuk meningkatkan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan, program pengembangan kopi Kata Wabup, juga untuk meningkatkan produksi. Dia tak ingin dengan adanya program ini masyarakat kecewa, jika bibit yang didapat tidak sesuai seperti yang diharapkan, maka para petani berhak mengembalikannya. “Bila bibit tidak sesuai spek wajib dikembalikan,” lanjutnya.(Rauf Ariga)

Related posts

BINPERS.COM