21 C
Bandung
July 4, 2020
binpers.com
Ekonomi & Bisnis Lintas Daerah Maluku Utara

Ekspor Perdana Ikan 3 Kontener Ke Jepang, Para Nelayan Beri Apresisasi untuk Prinus

0Shares
Halsel, BN – Perikanan Nusantara (Prinus), yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Kabupaten Halsel kini bergerak di bidang perikanan.

Secara resmi melakukan kegiatan ekspor Ikan Beku Jenis Cakalang (Katsuwonus Pelamis) sebanyak 3 Kontener  PT. Prinus, yang merupakan salah satu BUMN untuk itu saat  perikanan secara resmi melakukan kegiatan ekspor Ikan Beku Jenis Cakalang (Katsuwonus Pelamis) dan sejauh Penelusuran Tim Berita investigasi Nasional Binpres.com, di Babang untuk ekspor perdana di Zona Pemuatan Kontener ke kapal untuk ke surabaya lalu langsung ke  jepang sebanyak 3 kontener atau hampir kurang lebih 48 Ton sampai 50 Ton, Saat dikonfirmasi terkait ekspor perdana yang dilakukan perusahan perikanan  berbagai jenis ikan ke luar Negeri melalui pelabuhan Kelas II Babang Kecamatan Bacan Timur, Jumat (08/11/2019).

Untuk Ekspsor Perdana ini dibuka langsung oleh Gubernur Maluku Utara :

-KH. Abdul Gani Kasuba,

-Bupati Halsel, H. Bahrain Kasuba,

-Direktur Utama (Dirut) PT. Perikanan Nusantara (Prinus), M. Yana Aditia,

-Dirut Keuangan SDM dan Umum,

-Dirut Oprasional dan Pemasaran serta Jajaran PT. Prinus Persero,

-Pejabat Beacukai

-Pejabat Karantina/BKPM,

-Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Malut,

-Dandim 1509 Labuha,

-Wakil Kepala Sahbandar,

– Kapolres Halsel,

-Para Perangkat Adat Kesultanan Bacan,

-Para Pimpinan SKPD Halsel, dan

– Para Pegawai BUMN serta pegawai PT Perikanan Nusantara Persero.

Lanjut Gubernur KH. Abudul Gani Kasuba, dalam sambutannya berharap dengan adanya eksopor Ikan Cakalang jenis Tuna ini, dapat menambah Pendapatan Asli Daerah untuk Maluku Utara, lebih khususnya Kabupaten Halmahera Selatan.

Ia juga menyampaikan bahwa Provinsi Maluku Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki potensi ikan terbesar, sehingga Maluku Utara sebagai salah satu Lumbung Ikan Nasional (LIN), meskipun dalam peningkatan ekonomi,kesejahteraan masyarakat Maluku Utara khususnya  nelayan di Halmahera  Selatan  belum  secara maksimal.

”Semoga  kedepan Nantinya Ekspor ikan dapat berjalan dengan lancar dan lebih besar lagi, nanti saya  laporkan  ke Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, khususnya di Maluku Utara (Halsel), sudah ada peningkatan, agar nanti Bapak Presiden  bisa menghadiri ekspor yang kedua nantinya,” tutup (AGK).

Bupati Halsel, H. Bahrain Kasuba juga menambahkan jika, melalui ekspor perdana ini tentunya dapat memberikan tanda atau simbol yang cukup kuat kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan.

“Nantinya pembangunan di bidang Kelautan dan Perikanan akan tumbuh kembali dan berkembang serta memiliki nilai ekonomi kedepan yang lebih baik terutama untuk kesejahteraan masyarakat Halsel yang profesinya nelayan serta menggenjot Pedapatan Asli Daerah (PAD),” tutur Bupati Bahrain Kasuba.

Ia juga mengatakan jika Kabupaten Halmahera Selatan kini memiliki potensi sumber daya Ikan terbesar kurang lebih 140.679.80 Ton/tahun. Dirinya juga menjelaskan bahwa Kabupaten Halsel, pernah memiliki sebuah industri perikanan dengan nama PT. Usaha Mina yang memberikan investasi yang cukup besar, yang dulunya sangat memberikan dampak positif terhadap taraf hidup masyarakat, karena berjalannya waktu masyarakat nelayan mengalami pendapatan yang cukup berarti.

Akan tetapi kurang lebih 10 tahun berjalan  PT. Usaha Mina ini Mulai mati suri tidak ada kemajuan ,sehingga mempengaruhi kehidupan ekonomi para nelayan. Dan kini, dengan kehadiran PT. Prinus yang kurang lebih sudah empat tahun di Bumi Saruma ini, kiranya dapat menjadi sebuah jawaban untuk bisa mengangkat kembali kejayaan sektor Kelautan dan Perikanan sebagai sektor unggulan Kabupaten Halmahera Selatan untuk mensejaterahkan  kehidupan para nelayan di Kabupaten Halmahera Selatan.

Untuk Kegiatan ekspor perdana pada hari ini dapat memberikan kehidupan baru dan semangat baru para masyarakatn yang profesinya nelayan di Kabupaten Halmahera Selatan untuk terus mempertahankan aktifitasnya terutama dalam peningkatan produktifitas perikanan tangkap dalam mengejar target – target produksi ekspor yang dilakukan oleh PT. Perikanan Nusantara Orang nomor satu di Kabupaten Halsel ini berharap ekspor ini dapat terus berlanjut sehingga sektor Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Halsel bisa bersaing dengan Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, apalagi Provinsi Malut dijadikan sebagai lumbung ikan Indonesia sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengan Nasional Tahun 2019 – 2024.

Sementara Dirut PT.Prinus Bapak “Muhamad Yana” Mengatakan selaku penangung jawab   mengatakan bahwa kegiatan ekspor perdana ini, sejalan dengan program pemerintah daerah Halmahera Selatan, yaitu dengan merealisasikan ekspor perdana dari Pulau Bacan, sebanyak 50 Ton atau 3 kontainer untuk 20 feet dengan nilai ekspor sebesar USD 72.000. “Pengiriman pertama sebanyak 50 Ton Ikan Cakalang Beku,” kata Muhammad Yana.

Selain pengiriman ekspor ke Jepang, pihaknya juga melakukan pengiriman ikan cakalang ke sejumlah perusahaan di dalam negeri diantaranya Surabaya Jawa Timur sebanyak 100 Ton.

“Kami berharap dengan ekpor di Pelabuhan Babang ini, ada sinergi antara BUMN dengan Pemda Halsel, sehingga menghasilkan ekosistem bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Halsel,” jelas Muhammad Yana.

Diketahui, acara peresmian kegiatan ekspor yang dilaksanakan di Pelabuhan Kelas II Babang Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halsel,  di Buka dengan mulai dari pemeriksaan dan penyematan segel konteiner, penyerahan dokumen ekspor dari dari Pejabat Bea Cukai dan Karantina kepada Direktur Utama PT. Perinus, Pengguntingan Pita oleh Bupati Halsel, Pemecahan Kendi dan Penekanan Tombol Serine oleh  Gubernur Maluku Utara, bersama Bupati Halsel, Direktur PT. Perinus serta pihak Kesultanan Bacan.Acarapun Berjalan Lancar.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

Masyarakat Batang II Kecam Oknum Pekerja Kapal PT Pelni

binpers

Ijasah Tak Kunjung Diberikan, Lulusan AMT Tuntut Pengelola Kampus

binpers

Pasar Ilegal Berserak di Marina,Camat Batuaji Masih Bunkam

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy