binpers.com
Bangka Belitung Ekonomi & Bisnis Lintas Daerah Nasional Sumsel

Bayar Pajak Kendaraan Tidak Ribet, ‘Ga Perlu Antri Melalui Bank Sumsel Babel’

Dengan telah dilaunchingnya aplikasi Elektronik Data dan Sistem Pajak Online (E DEMPO) dan Samsat Online Nasional (SAMOLNAS) oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, bertempat di Kambang Iwak Palembang beberapa waktu lalu, Sinergitas Bank Sumsel Babel bersama Ditlantas Polda Sumsel, Bapenda Provinsi Sumatera Selatan dan Jasa Raharja, hadir memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat Sumsel dalam membayar pajak kendaraannya melalui aplikasi digital.

Melalui aplikasi E DEMPO dan SAMOLNAS, masyarakat dapat melakukan pendaftaran pembayaran pajak kendaraan bermotornya dari mana saja dan kapan saja, sehingga tidak perlu harus antri berlama lama dalam melakukan pembayaran pajak kendaraannya di kantor samsat dengan cara masyarakat Sumsel sebagai wajib pajak dapat mengunduh aplikasi E-DEMPO yang dikembangkan Bapenda Sumsel maupun Samsat Online Nasional yang dibuat oleh Korlantas Polri RI melalui gawai seluler.

Kedua aplikasi tersebut memiliki kesamaan fungsi, yakni melakukan identifikasi, registrasi, dan penetapan PKB (hanya untuk pajak tahunan). Adapun verifikasi dilakukan secara sistem dan apabila verifikasi tersebut berhasil, maka akan menampilkan kode bayar.

Pendaftaran pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui melalui E DEMPO hanya di Khususkan bagi Pajak Kendaraan Provinsi Sumatera Selatan yang untuk pembayaran kode bayarnya hanya dapat dilakukan melalui Channel Bank Sumsel Babel (seperti Mobile Banking, ATM dan Teller Bank).

Untuk mendapatkan TBPKP/SKPD (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran/ Surat Ketetapan Pajak Daerah), masyarakat yang melakukan pendaftaran melalui aplikasi E DEMPO diberikan pilihan tempat pengambilan TBPKP/SKPD (mandatory) dengan syarat yang harus dibawa/tunjukan saat pengambilan TBPKP/SKPD  berupa STNK, KTP dan Bukti Pembayaran

Sedangkan untuk pendaftaran pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui SAMOLNAS dapat dilakukan oleh pemilik Pajak Kendaraan Seluruh wilayah se Indonesia dimana Bank Pemegang Kas Daerah (Bank Daerah) secara Aplikasi/sistem sudah terhubung dengan Kesamsatan provinsi setempat dan aplikasi Korlantas Polri RI (Bank sebagai Agregator).

Sehingga pembayaran kode bayar dapat dilakukan melalui seluruh Bank yang secara Aplikasi telah terinterkoneksi dengan sistem Korlantas Polri RI (Bank Sebagai Pembayar Pajak Kendaraan).

Untuk mendapatakan TBPKP/SKPD (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran/ Surat Ketetapan Pajak Daerah) masyarakat yang melakukan pendaftaran melalui aplikasi SAMOLNAS, untuk TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirimkan melalui ekspedisi/POS ke alamat sesuai dengan yang tertera pada STNK.

Namun apabila TBPKP/SKPD belum juga di terima, masyarakat dapat menghubungi call center yang ada pada aplikasi Samolnas atau menghubungi dimana kendaraan tersebut terdaftar

Enam puluh (60) hari sebelum kedaraan jatuh tempo masyarakat sudah bisa melakukan pendaftaran/penetapan melalui aplikasi SAMOLNAS dan E DEMPO dan setelah kendaraan jatuh tempo pun masih tetap bisa dilakukan pendaftaran dan pembayaran hanya saja di kenakan denda.

Selanjutnya sebagai bentuk sinergitas, Bank Sumsel Babel hadir memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk membayar pajak kendaraan bermotornya dari mana saja dan kapan saja hanya cukup melalui aplikasi Mobile Banking Bank Sumsel Babel maupun ATM dan teller. Kemudian, bukti bayar dapat ditunjukkan ke kantor Samsat terdekat untuk mencetak fisik, maksimal 14 hari sejak pembayaran.(adv)

Related posts

BINPERS.COM