binpers.com
Jabodetabek Sosial

Conveyor Belt Indocement Kebakaran, Asap Kepung Areal Perumahan Harmoni Pasirmukti

Citeureup (Bogor), BN – Kebakaran terjadi di unit Conveyor Belt DP 102 milik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) yang berlokasi di Desa Lulut, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Sabtu, 5 Oktober 2019, sekitar jam 12.30 WIB.

Conveyor Belt DP 102 adalah unit pengangkut/pemindah bahan baku batu kapur (Limestone) dari tambang (quarry) ke area penampungan bahan baku (storage dome) di Pabrik yang memiliki panjang lebih dari 6 Km.

Asap tebal membumbung tinggi terlihat dan mengepung area perumahan Pasirmukti Tajur, Citeureup hingga mengakibatkan semua penghuninya keluar rumah untuk melihat apa yang terjadi.

Dalam waktu yang sangat singkat di tengah situasi kepanikan, tim Indocement bersama masyarakat mampu bereaksi cepat dengan pola koordinasi yang sangat baik dalam penanganan peristiwa sehingga peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban baik luka-luka maupun jiwa serta api dapat dipadamkan dalam waktu singkat. Kebakaran juga tidak sampai mengenai pemukiman warga dan fasilitas umum lainnya di sekitar titik kebakaran.

Setelah api dipadamkan, situasi di lokasi sudah kembali pulih seperti sedia kala dan masyarakat juga sudah kembali pada aktivitasnya masing-masing.

“Dapat disampaikan bahwa untuk penyebab kebakaran masih dalam investigasi tim terkait. Dugaan sementara kebakaran terjadi karena masalah teknis dan dipicu juga oleh kondisi cuaca panas yang ekstrim dan angin yang bertiup kencang memicu meluasnya api dalam waktu cepat,” ucap Rizki

Dikatakan, kebakaran ini tidak berdampak signifikan terhadap operasional Indocement. Proses produksi Semen Tiga Roda dan Semen Rajawali tetap berjalan seperti biasa karena ketersediaan bahan baku limestone yang memadai di pabrik dan proses perbaikan unit yang terbakar diperkirakan akan dapat diselesaikan dalam waktu beberapa hari ke depan.

Di tengah musim kemarau ini, kejadian tidak terduga seperti kebakaran sangat berpotensi besar untuk terjadi. Terkait hal ini, Indocement beberapa waktu lalu juga telah menyelenggarakan Sosialisasi K3 kepada para kepala desa mitra dan tokoh masyarakat lain, dimana salah satu poin penting dalam sosialisasi tersebut adalah pencegahan dan penanganan potensi bahaya yang bisa menimbulkan kecelakaaan, termasuk musibah kebakaran yang bisa terjadi dimana saja dan tidak terduga.(Ny)

Related posts

BINPERS.COM