22 C
Bandung
July 10, 2020
binpers.com
Papua Sosial TNI/Polri

TNI dan Polri Pastikan Keamanan Wamena

0Shares
Papua, BN – Pelaku kerusuhan yang terjadi di Wamena bukanlah warga asli Wamena, melainkan sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab. Menurut polisi, warga asli justru membantu perlindungan kepada para pendatang, pada hari Minggu (29/9/2019).

“Pelaku pembakaran bukan penduduk asli Wamema. Penduduk Lembah Baliem (penduduk asli Wamena) justru banyak membantu memberi perlindungan kepada para pendatang dengan mengamankan di rumah warga maupun di gereja,” kata Kadiv Mabes Polri Irjen, M Iqbal dalam keterangan.

Iqbal memastikan, bahwa pelaku tidak mengincar etnis tertentu. Dia menuturkan serangan yang dilakukan secara membabi buta.

Selain itu, TNI Polri telah menyiapkan pesawat Hercules untuk mengevakuasi warga pendatang.

“Saat ini telah melakukan evakuasi warga pendatang, menggunakan berbagai moda transportasi, termasuk pesawat Hercules ke beberapa kota di Papua, antara lain ke Jayapura,”tutur Iqbal.

Selain itu, Iqbal mengatakan TNI dan Polri memastikan keamanan warga di Wamena dengan melibatkan tokoh-tokoh setempat dalam dialog untuk menjaga situasi kondusif di Wamena.

Ada sekitar 3.213 orang pengungsi yang sudah tiba di Jayapura. Sementara jumlah warga yang masih bertahan di pengungsian diantaranya, Lanud Silas Papare sekitar 101 orang, Rindam sekitar 104 orang, YON sekitar 751: 172 orang, Paguyuban Minang sekitar 106 orang, dan Musala Attaqwa sekitar 66 orang

Iqbal menambahkan, Kepala Suku Lembah Baliem (Wamena) juga meminta para pendatang untuk tidak mengungsi karena yakin masyarakat asli Wamena sangat mencintai masyarakat Papua pendatang dan yakin para perusuh adalah kelompok di luar Wamena. (wds)

 

0Shares

Berita Terkait :

Kunker, Pangdam Silaturahmi Dengan Forkopimda Tidore Kepulauan

Rizky Pratama

Laksanakan Patroli, Kapolres Halsel Sambangi Pos Pengamanan Operasi Ketupat Kieraha – 2020

Rizky Pratama

Gubernur Sumsel  Melepas  336 Santri Ponpes Gontor Jawa Timur

Istia Miralita
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy