21.2 C
Bandung
May 30, 2020
binpers.com
Jabodetabek Nasional

Mengenang  Peristiwa G30S/PKI

0Shares
Jakarta, BN – Tepatnya pada hari ini, tanggal 30 September menjadi hari yang bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada, Senin (30/9/2019).

Hal tersebut karena terdapat peristiwa yang memilukan pada tahun 1965 yang lalu, yakni peristiwa pembantaian yang dikenal dengan Gerakan 30 September atau yang biasa dikenal G30S/PKI.

Peristiwa ini terjadi pada 30 September hingga 1 Oktober 1965 di Jakarta dan Yogyakarta ketika enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta.

Enam perwira Tinggi Angkatan Darat yang menjadi korban pembantaian, serta mayatnya dibuang di Lubang Buaya, diantaranya Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jendral Raden Soerapto, Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jendral Siswondo Parman, Brigadir Jendral donald Isaac Panjaitan, dan Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo.

Sementara itu, Panglima TNI AH Nasution yang menjadi target utama berhasil meloloskan diri. Tapi, putrinya Ade Irma Nasution tewas tertembak dan ajudannya, Lettu Pierra Andreas Tendean diculik dan ditembak di Lubang Buaya.

Keenam jenderal di atas beserta Lettu Pierre Tendean kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi. Sejak berlaku UU Nomor 20 tahun 2009, gelar ini juga diakui sebagai Pahlawan Nasional.

Untuk mengingat peristiwa bersejarah itu, Pemerintah Orde Baru kemudian memproduksi Film Penumpasan Pengkhiantan G30S/PKI.

Film ini mengisahkan upaya percobaan kudeta yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). (wds)

0Shares

Berita Terkait :

Presiden Jokowi Tegaskan Dari Dulu Sampai Sekarang Natuna Wilayah NKRI

Rizky Pratama

KPK Tetapkan 14 Mantan Anggota DPRD Sumut Sebagai  Tersangka Kasus Suap

Susilawati

100 Pelamar CPNS Kemensetneg dan Setkab Dinyatakan Lolos Seleksi Administrasi

Susilawati
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy