20.3 C
Bandung
June 6, 2020
binpers.com
Maluku Utara Sosial

Desa Suka Damai Gunakan Dana Desa Untuk Bangun Jalan Tani

0Shares
HALBAR, BN – Warga hampir 90% di Desa Suka Damai Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat rata-rata mata pencahariannya petani. Karena itu, pembangunan jalan usaha tani yang bersumber dari dana desa dinilai tepat. Dengan besar anggaran Rp 481,998,291,81.

Kepala desa Suka Damai, Rais Robo, mengatakan bahwa program bangun jalan tani yang berdekatan dengan desa Hijrah memudahkan warga masyarakat untuk menuju ke perkebunan milik mereka .

“Selama ini masyarakat harus mutar, berjalan kaki dan ketika turun hujan kalau hujan repot.
Sekarang masyarakat sudah bisa gunakan kendaraan beroda dua lebih mudah,” ujar kepala Desa, kepada wartawan binpers.com, Sabtu (28/9).

Pembangunan Daerah Tertinggal

Kades mengatakan, dari total dana desa ADD dan DD yang diterima sebesar Rp 1 miliar lebih, jalan tani sepanjang 2000 meter dan 2500 meter tersebut mendapatkan alokasi sebesar Rp 481 998,291,80.

“Ada juga anggaran yang lain dari pembangunan program yang insya allah sudah dipersiapkan tahapan pencairan berikutnya,” katanya.

Disebutkan, pencairan dana tersebut di antaranya digunakan untuk upah pekerja, yang memakai alat berat. “Apapun saya akan lakukan demi kepentingan warga masyarakat saya yang ada di desa Suka Damai.”

“Kami fokus pada petani, ka­renanya membuat jalan tani. Sesuai permintaan Warga masyarkat, maka dibuatkan jalan usaha tani dari dana desa ini,” tuturnya.

Kedepan, nantinya kades akan bekerja sama dengan dinas pertanian untuk sosialisasi pertanian yang lebih baik lagi.

Ia juga berpesan agar kedepan nanti bisa bersama-sama untuk membangun desa yang lebih maju dan berkembang.

“Maka itu peran pemuda, dan ibu-ibu PKK dan tokoh masyarakat akan lebih solid dan bisa memajukan desa dengan pertanian,” tandasnya.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

Istri dan Anak Mantu Gubernur positif Covid 19, Sekda Tak Bisa Beri Keterangan

Rizky Pratama

Satgas Yonarmed 9 Kostrad Melaksanakan Screaning Covid-19 di Bobanaigo

Susilawati

Peringatan HUT RI Ke-74 di Kecamatan Kao Teluk Diguyur Hujan Deras

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy