21.8 C
Bandung
July 3, 2020
binpers.com
Sumsel

Mantan Gubernur Sumsel Diminta Segera Kembalikan Mobil Dinas

0Shares
Palembang – (BN) Pemprov Sumsel terus melakukan penertiban aset aset miliknya, termasuk kendaraan dinas yang sampai saat ini masih dikuasai mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Staf Khusus Gubernur Sumsel bidang Aset, Arwin Novansyah SH menegaskan, kembali secara terbuka ia memperingatkan semua pihak agar segera mengembalikan aset milik pemprop sumsel, termasuk pak Alex Noerdin untuk segera mengembalikan 1 unit  kendaraan dinas jenis Lexus yang sampai saat ini masih dikuasainya, memang sdh harus dikembalikan, Apalagi sudah hampir setahun sudah tidak menjabat, sesuai peraturan, begitu sudah tidak menjabat wajib utk segera mengembalikan, tegas Arwin.

Menurut Arwin, Satgas  Penertiban Aset yang sdh dibentuk oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru akan bergerak cepat dan sesuai prosedural. ” Saya kira Pak Gubernur sdh cukup bijaksana dengan memberikan toleransi aset negara tersebut selama setahun ini. Sehingga sdh saatnya untuk dikembalikan. Mengingat Pemprov Sumsel masih membutuhkan kendaraan kedaraan dinas tersebut untuk operasional pemda” ujarnya.

Arwin menegaskan, penertiban aset.milik Pemprov bukan hanya yang masih dikuasai Alex Noerdin, melainkan semuanya yang masih dikuasai oleh pihak- pihak yang tidak mempunyai hak menggunakan dan mengelolanya. Misalnya rumah dinas, tanah dan lainnya.

” Jika setelah diperingatkan mantan pejabat tersebut tidak mengindahkan, maka jangan salahkan kami jika Satgas akan mengambil paksa. Namun kita tetap terlebih dahulu lakukan secara persuasif” ujarnya.

Arwin menegaskan, bahwa ia sudah berkali2 memperingatkan kepada semua pihak secara terbuka baik melalui media televisi,cetak,medsos dll, agar segera mengembalikan aset kendaraan dinas yg masih dikuasai secara ilegal,

Seharusnya pihak – pihak tersebut bersikap bijak dan tahu diri, kembalikan saja segera jika kita sudah tidak lagi menjabat, karena ini aturan undang – undang yg memerintahkan, berilah contoh yg baik untuk masyarakat kita agar taat pada aturan.

Perwakilan eks Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, menanggapi adanya informasi bahwa masih ada aset milik Pemprov Sumsel yang belum dikembalikan semasa Alex Noerdin masih menjabat.

Menurut Kemas Khoirul Mukhlis, yang berbicara sebagai perwakilan Alex Noerdin,  menilai, mobil yang disebut stafsus Gubernur Sumsel tersebut saat ini memang berada di Jakarta dan diperuntukan bagi Gubernur Sumsel saat itu untuk keperluan dinas.

“Pertama memang benar, satu mobil Lexus tersebut saat ini ada di Jakarta yang mana asal muasalnya keluaran tahun 2015/2016 diperuntukkan operasional gubernur di kantor perwakilan di Jakarta. Mobil itu bisa digunakan dewan dan wakil gubernur saat tengah bertugas di Jakarta,” ujar Mukhlis.

Seiring berakhirnya masa jabatan sebagai Gubernur Sumsel pada 2018 lalu, Alex Noerdin secara pribadi, mengajukan peminjaman mobil tersebut. Mobil itu sudah disetujui untuk dipinjamkan oleh Plt Gubernur Sumsel, Hadi Prabowo secara tertulis. Begitu juga saat Gubernur Sumsel, Herman Deru dilantik, Alex Noerdin langsung menemui Herman Deru dan mengajukan peminjaman dan disetujui.

“Peminjaman secara tertulis sudah diajukan oleh Bapak Alex Noerdin, surat menyuratnya dilakukan di Jakarta bersama Plt Gubernur Pak Hadi Prabowo. Suratnya masih ada, juga sudah disampaikan ke Pak Herman Deru. Bahkan PAk Herman Deru sempat berujar ke Pak Alex Noerdin, ‘kalau kamu yang ngomong lajulah pakailah mobil itu’. Sekda Sumsel, Nasrun Umar bisa menjadi saksi administrasi surat menyuratnya,” jelas dia.

Saat diklarifikasi apakah mobil tersebut akan dikembalikan, Khairul Mukhlis menjelaskan, Alex Noerdin masih berpegang pada surat peminjaman tersebut. Surat itu juga tidak mengatur sampai kapan mobil itu dipinjam. Menurutnya secara sah Alex Noerdin, masih boleh menggunakan mobil tersebut.

“Surat itu masih menjadi pegangan dan ini juga di lakukan pak Alex saat baru menjabat sebagai gubernur. Malah pak Syahrial (Gubernur Sumsel sebelum Alex Noerdin) juga dulu dipinjamkan mobil dan diberikan suport sopir dari Pemprov Sumsel. Artinya, ini sudah berlaku umum. Klarifikasi ini menepis seolah-olah mobil tersebut disembunyikan, tidak benar,” jelas dia.(mas)

0Shares

Berita Terkait :

Formasi Pertanyakan Kasus Pembagunan Hotel Syariah Swarna Dwipa TA 2017 yang Mangkrak

binpers

Dugaan Penyimpangan Proyek di Dishub Provinsi Sumsel

binpers

Diduga Dana Hibah Di Dinas PUPR Kota Palembang  Dan 8 OPD Menyimpang

Arie Chandra
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy