binpers.com
Jawa Barat Sosial

Kecamatan Cicalengka Gelar Deklarasi Damai Pilkades

Kab. Bandung, BN – Deklarasi damai diikuti seluruh calon Kades dari 10 desa, Kecamatan se Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung.

Selain para calon Kades, deklarasi juga diikuti jajaran Kecamatan, Danramil, kapolsek, Babinkamtibmas, Babinsa ,Panitia Pilkades dan Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) se kecamatan Cicalengka.

Pelaksanaan Deklarasi Damai dipimpin langsung oleh Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, SE, Msi.

Isi dari Deklarasi diantaranya, pertama para calon Kades sepakat bersama sama akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara Damai, Sopan, Bermartabat dan penuh tanggung jawab demi terselenggaranya Pilkades serentak 2019 secara demokratis yang lebih baik bagi masyarakat.

Kedua, para calon Kades bersedia mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak 2019.

Ketiga, para calon Kades sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2019.

Keempat, para calon Kades bertekad untuk siap menang dan siap kalah dalam gelaran Pilkades serentak 2019.

Kelima, para calon Kades tidak akan melakukan pelanggaran hukum baik pidana maupun perdata dalam kampanye ataupun tahapan Pilkades lainnya.

Keenam, para calon Kades dan para pendukung tidak akan berbuat anarkis dan senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkades serentak 2019.

Usai pengucapan Deklarasi, dilanjutkan penandatanganan naskah Deklarasi oleh calon Kades, diketahui Danramil dan Kapolsek Cicalengka.

Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, SE, Msi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pilkades mempunyai potensi gangguan keamanan yang tinggi karena sekup wilayahnya yang luas.

Oleh karena itu diminta agar seluruh calon Kades bisa berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkades serentak berlangsung.

“Jangan sampai padu (bertengkar-red) dengan tetangga dan saudara sendiri gara-gara beda pilihan dan beda dukungan. Pada dasarnya seluruh pemilihan itu ada yang menang dan ada yang kalah, semuanya harus siap menang dan siap kalah. Pileg dan Pilpres di Cicalengka berjalan lancar, maka selanjutnya Pilkades serentak juga harus bisa lancar, aman dan kondusif,” kata Camat.

“Jika itu disengaja untuk menggagalkan Pilkades, maka calon yang mundur itu akan kita beri sanksi tegas agar kedepan tidak bisa ikut Pilkades lagi untuk selamanya,” tegas Camat.

“Bahkan kita jalin koordinasi dengan Polsek wilayah tetangga untuk membantu pengamanan di desa perbatasan jika terdapat potensi gangguan keamanan,” terang Kapolsek.

“Pilkades adalah pesta demokrasi tingkat desa yang diselenggarakan enam tahun sekali. Kami siap untuk menyukseskannya. Sebagai calon Kades, saya akan menjalankan seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku agar Pilkades di Desa calon tetap aman dan kondusif,” ungkapnya.(Gunarto)

Related posts

BINPERS.COM