binpers.com
Maluku Utara Pendidikan & Budaya

MTs Negeri 2 Tidore Jadi Sekolah Andalan Masyarakat Tidore

TIDORE, BN – Ada yang berbeda dengan pendidikan dan prestasi sekolah yang didapat oleh Sekolah Madrasah Tasanawiah Negeri 2 (MTsN 2) Tidore Kepulauan, pasalnya Kepala sekolah yang sejauh ini menurut hasil pantauan Tim berita investigasi Nasional di lapangan dan mencari tahu sepak terjang prestasi yang selama menjabat kepala sekolah sangat luar biasa kemajuannya.

Saat ditemui di ruang kerjanya kepala sekolah MTs N 2 Tidore, Maktum Hi. Musa, memyampaikan bahwa selama masa kemimpinannya, “Alhamdulillah Sekolah MTs N2 Tidore banyak perubahan di dalam bidang prestasi yaitu beberapa lomba, pramuka, bola voli dan masih banyak lagi,” ujarnya kepada awak media binpers.com, Jumat (13/08/2019).

Dikatakan, sebelumnya kepsek Maktum Hi Musa pernah bertugas di MTs Dokiri, namun setelah memberikan perkembangan dan kemajuan di MTs Dokiri lalu diberikan amanah baru untuk memberikan perubahan di MTsN 2 Tidore Kepualauan.

“Terutama untuk Madrasah Tsanawiyah, gagasan baru yang akan diberikan oleh rekan rekan guru yang mengajar pun demikian cara mengajar yang baik dan bisa merangkul semua siswa-siswi,” ungkapnya.

Gagasan ini terlihat Madrasah Tsnawiyah Neger (MTs N 2 Tikep) Sekolah dengan kurikulum yang menggabungkan antara ajaran agama Islam dan pengetahuan umum ini, mulai mendapat respon tinggi bagi orang tua yang memasukkan anaknya di sekolah MTs N 2 Tidore, karena setiap masuk diajarkan doa dan juga lakukan pengajian oleh Guru-guru di MTsN 2 Tikep.

Hadirnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjadikan posisi madrasah semakin jelas, sekaligus membuka lebar ruang gerak madrasah untuk berkompetisi secara sehat dengan sekolah umum, serta responsif terhadap berbagai perubahan dan tantangan zaman.

Dalam realeasenya, Menteri Agama Lukman Hakim Syaefuddin, mengatakan bahwa madrasah adalah 100 persen sekolah yang bercirikan ke-Islaman, terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) sama dengan SD, Madrasah Tsanawiyah (MTs) sama dengan SMP dan, begitu juga Madrasah Aliyah (MA) sama dengan SMA. Transformasi madrasah ke sistem pendidikan nasional harus diimbangi komitmen dengan memelihara ciri khas ke-islaman, dengan standar nilai yang ditentukan.

Menurut seorang ibu wali murid yang diwawancarai, jauh-jauh hari dia sudah mengincar sekolah ini karena banyak nilai-nilai agama yang diajarkan di sini.

“Anak-anak remaja sekarang semakin rusak moralnya, jika kita tidak dibekali dengan agama yang baik maka bahaya, Insya Allah mereka akan selalu menemukan jalan yang benar,” katanya.

Untuk itu kepala Sekolah menjadikan visi dari sekolah ini, yaitu membentuk manusia cerdas, namun tetap berpegang teguh pada agama. Diharapkan mereka ketika berada di masyarakat sudah terampil dalam sikap beragama.

“Misalnya kalau ada orang meninggal, lulusan MTs ini harus bisa merawat jenasah, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat banyak,” tutur Maktum Hi. Musa

Lanjut, selain itu kepsek juga menambahkan pelajaran umum di sekolah yang memiliki laboratorium IPA ini juga ada bimbingan hafalan Al Quran, praktek sholat berjamaah pun dilakukan setiap hari.

Menurut informasi yang dihimpun, sejauh ini belum ada kasus narkoba atau miras yang terjadi pada siswa MTs N 2 yang berada di Kota Tidore kepualuan ini, itu artinya sekolah ini masih dalam pengawasan yang baik,semoga kedepan lebih baik lagi.(MS)

Related posts

BINPERS.COM