21.2 C
Bandung
May 30, 2020
binpers.com
Hukum & Kriminal

Korupsi Dana PAUD, Dua Tersangka Diancam 20 Tahun Penjara

0Shares
Bitung (SULUT) – Tersangka kasus korupsi penyalahgunaan dana PAUD pada tahun 2016 yang berinisial FT dan MK resmi ditahan di rumah tahanan (Rutan) Malendeng pada hari Kamis (08/08/2019) sekitar pukul 15.45 wita, setelah jaksa penuntut umum mengeluarkan surat perintah penahanan untuk masuk dalam sidang tingkat penuntutan bagi kedua tersangka selama 20 hari kedepan sejak tanggal 8 sampai 27 Agustus 2019.

Dikutip Sulutdaily, tersangka FT yang menurut Pasie Intel Kejaksaan Negeri Bitung, Budi Kristiarso, adalah seorang ASN aktif dan MK adalah seorang krontraktor.

“FT seorang pejabat di salah satu instansi pemerintah kota Bitung, namun pada saat melakukan tindak pidana korupsi masih mejabat sebagai kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Bitung, sedangkan MK adalah seorang kontraktor atau penyediah jasa,” ungkap Budi.

“Untuk modus sendiri adalah dana FT dan MK yakni tidak susuai peruntukkan, yang seharusnya diperuntukan BOP Paud namun dinikmati sendiri dengan jumlah Rp 557.846.152 berdasarkan perhitungan BPKP,” jelasnya.

Tersangka sebenarnya ada 3 (tiga), namun tersangka berinisial BP untuk sekarang masih dalam daftar pencarian orang (DPO),

“Tersangka BP masih dalam DPO, dan untuk kedua tersangka secepatnya akan segera dimasukkan berkasnya untuk sidang tahap dua di Pengadilan Tipikor Manado,” katanya.

Ditanya soal ancaman serta pasal yang dijerat kepada kedua tersangka, Budi mengaku ancaman hukuman 20 tahun penjara,

“Kedua tersangka terjerat pasal 2 ayat 1, subs pasal 3, undang-undang 31 tahun 1999, junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang tindak pidana korupsi, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda sebesar 200 juta,” tutupnya.***

0Shares

Berita Terkait :

Setwil FPII Riau Minta Propam Polda Tindak Premanisme Oknum Polisi di Inhu

binpers

Unit Turjawali Amankan 200 Kantong Plastik Miras Cap Tikus

Rizky Pratama

Kejati Sumsel Tangkap Tersangka Dugaan Korupsi Kredit Bank Sumsel Babel

Arie Chandra
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy