21 C
Bandung
July 4, 2020
binpers.com
Politik Sulteng

21 Anggota DPRD Donggala Setujui Usulan Hak Angket

0Shares
DONGGALA (Sulteng), BN – Menindaklanjuti sejumlah dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Pemkab Donggala dalam menjalankan tugas pemerintahan, sedikitnya sudah ada 21 orang anggota DPRD Donggala yang menandatangani pengusulan hak angket, sampai dengan hari Selasa (6/8) kemarin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bentuk pelanggaran yang memicu adanya pengusulan hak angket ini adalah proses pelantikan ratusan ASN di Donggala pada bulan Maret lalu. Pada pelantikan itu ditemukan adanya dugaan pelanggaran berat yang dilakukan oleh Bupati Donggala dan jajarannya.

Hal itu terungkap setelah DPRD melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Sekkab Donggala dan BKPSDM beberapa waktu lalu. Bahkan puncaknya pada RDP yang dilaksanakan pada Kamis (1/8) kemarin. Pada waktu itu DPRD menghadirkan akademisi sekaligus pakar hukum dari Universotas Tadulako (Untad), Dr. Abdul Rasyid Thalib, SH, MH.

Pakar hukum menilai ada unsur pidana yang dilakukan pada saat proses pelantikan. Pasalnya ditemukan adanya dugaan pemalasuan dokumen identitas ASN. Dua diantaranya adalah pelantikan Kepsek dengan dugaan pemalsuan dokumen pangkat atau golongan. Kemudian adanya ASN yang dilaporkan meninggal dunia akibat bencana oleh BKPSDM kepada Kemendagri. Padahal sejumlah ASN tersebut masih hidup.

Hal itu membuat lebih dari setengah anggota DPRD Donggala setuju dengan pengusulan hak angket. Salah satunya dari Fraksi Golkar. Hal itu dibenarkan oleh Ketua Fraksi Golkar, Abu Bakar Aljufri.

“Kami dari fraksi Golkar mendukung pengusulan hak angket ini bersama dengan beberapa fraksi lainnya. Termasuk PKS. Sudah ada 21 orang yang bertanda tangan. Tapi masih ada fraksi lain yang belum menyatakan sikap,” singkatnya via telepon, Selasa malam kemarin.***

0Shares

Berita Terkait :

Polda Sulteng Siap Bermitra Dengan binpers.com Serta Elemen Pers Lainnya

binpers

Kampanye Terbuka, Jokowi Sapa Pendukungnya “Apo Kesah” Di Dumai

binpers

Gugatan Aparat Desa Dikabulkan, Kades Awu Nyatakan Banding Atas Putusan Hakim PTUN Palu

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy