binpers.com
Maluku Utara Sosial

Program Air Bersih di RT 04 Desa Kukumutuk Kecamatan Kao, Kades Onesimus Gohora Dapat Pujian Dari Warganya

HALUT,BN – Pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk memajukan kesejahteraan masyarakat apalagi di dunia yang semakin modern ini masyarakat harus bisa meningkatkan kehidupan yang layak. Sebagaimana contohnya, masyarakat harus bisa mendapatkan sumber air bersih karena jelas air bersih sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang terjadi di Desa Kukumutuk Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara. Sumur bor yang dibuat oleh pemerintah desa menggunakan anggaran dana desa, berkedalaman sekitar 58 meter pada akhir pertengahan juli kemarin kini mendapat pujian dari masyarakat Desa kukumutuk. Saat ditemui, Kades Onesimus Gohora lokasi Air bersih desa kukumutuk telah terealisasi.

“Kegiatan pembuatan air bersih ini dikarenakan masalah terhadap beberapa hal yaitu RT 04 ini warga sulit mendapatkan air bersih melalui program yang sudah saya canangkan dengan  dana desa. Akhirnya, Saya mengambil langkah untuk mengatasi hal ini. Karena menurut saya, hidup tanpa air yang bersih semua akan terasa sulit karena di desa RT 04 yang baru ini pun jauh dari perumahan warga lainnya. Maka dengan air bersih semua kebutuhan bisa terpenuhi untuk di minum dan  menyiram tanaman pertanian,” tutur Kades Onesimus Gohora selaku Kepala Desa Kukumutuk, Jumat (2/7/2019)

Kepala desa itu pun mengatakan program ini bukanlah hal baru, masih ada program-program tambahan lain untuk masyarakatnya.

“Mereka semua mempunyai semangat keswadayaan  yang dikejar agar kedepannya desa ini semakin maju. Singkat kata, dengan cepat bergerak,” tambahnya.

Saat diwawancara, ketua RT04 mengatakan, “Warga desa RT04 selama ini sangat kesulitan untuk memperoleh air bersih, maka ini pun menjadi langkah luar biasa karena Kepala Desa telah bergerak cepat untuk melihat kekurangan kami salah satunya yaitu kekurangan Air bersih. Dengan dana desa ini kami bisa langsung menikmati air bersih,” tutup ketua RT 04 tersebut.

Kepala Desa juga menambahkan, banyak desa yang memanfaatkan Dana Desa untuk air bersih tetapi kali ini agak spesial. Sebagai lokasi pertanian produksi air bersih, dibangunnya Menara (Bak  penampung),  Mesin dan pipa-pipa untuk menyalurkan air bersih kini pun sudah siap dan dalam waktu dekat ini sambungannya sudah tersambung ke rumah masing masing sehingga masyarakat desa Kukumutuk bisa  menikmatinya.

“Ketika sebagian orang punya pandangan miring, Saya selaku kades mengharapkan kebersamaan ini tetap terjaga  dan setiap pekerjaan desa selalu bergotong royong. Program ini pun direncanakan bersama dan dieksekusi secara berjamaah.” Tutup Bapak Kades Onesimus Gohora Kecamatan Kao, Desa Kukumutuk Halmahera Utara. (MS)

Related posts

BINPERS.COM