22.6 C
Bandung
July 8, 2020
binpers.com
Jawa Barat Pendidikan & Budaya

Ikut Kegiatan Ektrakulikuler Jadi Aturan Wajib di Sekolah

0Shares
BANDUNG, BN – Di zaman milenial ini Pendidikan tentu sangatlah penting untuk membangun karakter bangsa yang berkualitas. Siswa dan siswi di sekolah pun dituntut untuk berprestasi baik di bidang akademis maupun non akademis. Bahkan, di beberapa sekolah pun sudah diwajibkan bagi siswanya untuk turut serta mengikuti beberapa ekstrakulikuler yang ada. Contohnya saja, ekstrakulikuler PASKIBRA  yang merupakan ekstrakulikuler wajib di salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di rancaekek yaitu SMK Bintara.

Vina N selaku Pembina ekstrakulikuler di SMK Bintara pun mempunyai pendapat bahwa ekstrakulikuler di sekolah tentunya penting diadakan dan diikuti oleh siswa.

“Di zaman sekarang siswa lebih baik ikut berperan aktif dalam kegiatan di sekolah daripada harus berkeliaran tidak jelas diluar. Tentu selain positif, setidaknya anak-anak dapat terawasi,” ujarnya saat ditemui sabtu (27/07/2019) lalu.

Menurutnya juga, ekstrakulikuler yang diwajibkan ini pun merupakan salah satu bentuk bela Negara karena banyak terdapat pula materi tentang bela Negara termasuk kedisiplinan sikap dan sejarah tentang Negara Indonesia ini.

Untuk menarik minat dari para siswa-siswinya, biasanya ekstrakulikuler tertentu akan mengadakan latihan yang menarik. Bahkan tidak jarang mereka pun mengikuti berbagai perlombaan dan mendapat penghargaan dari perlombaan tersebut. Bintara pun sudah mendapatkan setidaknya 4 piala lewat ekstrakulikuler PASKIBRA ini selama 1 tahun terakhir. Yakni Juara 2 Purwa Tingkat Jawa Barat di SMKN 1 Rancaekek September 2018, Juara 2 Mula Tingkat Jawa Barat di Bhineka Bangsa Februari 2019, Juara Harapan 2 Tingkat Jawa Barat di SMK BBi Maret 2019 dan Juara Danton terbaik tingkat Jawa Barat Maret 2019. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan untuk menarik minat dari para siswa siswi tersebut.

“Dulu anggota kami hanya beranggotakan 5orang saja, itu pun sudah paling banyak. Bahkan tidak jarang hanya 2 sampai 3 orang saja yang datang latihan. Tetapi, ketika kami sering mengikuti lomba bahkan sempat menjuarai dan  berhasil membawa beberapa Piala dari beberapa perlombaan  yang kami ikuti, disitulah rekan rekan ikut tertarik untuk mengikuti esktrakulikuler juga. Sampai sekarang pun jumlah anggota kami dari kelas 1 sampai 3 beranggotakan kurang lebih 60orang,” ujar Anisa XII Mp, salah satu siswa dari SMK Bintara.

Pihak sekolah pun berharap semoga dengan diwajibkannya Ekstrakulikuler ini dapat membantu siswa dan siswi berperan aktif dalam bidang yang positif serta dapat berprestasi di bidang akademis maupun non akademis. (nur)

 

 

0Shares

Berita Terkait :

Batam Kekurangan Guru Agama Kristen

binpers

Kades Nangela Realisasikan DD Sesuai RAB

Istia Miralita

PTSL Desa Mekargalih Sumedang Diduga Beratkan Warga

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy