22 C
Bandung
July 10, 2020
binpers.com
Investigasi Kaltim

WRC PAN-RI Kaltim Akan Kawal Kasus Sengketa Tanah Isrojin Sampai Ke Ranah Hukum

0Shares
Kukar (Kaltim), BN – Tim BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) bersama-sama dengan unsur Muspika dan Polres Kutai Kertanegara, atas dugaan penyerobotan tanah sertfikat hak milik Isrojin dan keluarga menghasilkan bahwa lahan tanah atas nama Suwarno Puyanto dan Samsi (SHM) yang menurut perusahaan PT. Khotai Makmur Insan Abadi terletak di atas sertifikat hak milik Isrojin (tertindis) ternyata tidak benar.

Selanjutnya, lahan atas nama Suwarno Puyanto dan Samsi setelah diverifikasi oleh Tim BPN dan disaksikan dari pemilik SHM dari unsur Muspika ternyata terletak di sebelah Barat Daya, dan berberjarak 300 meter dari tanah lahan Isrojin sesuai dengan bukti SHM.

Kemudian Tim BPN yang di lapangan akan kembali mengkroscek kembali bagian pemetaan sesuai dengan hasil verifikasi di lapangan. BPN tetap akan menetapkan tapal batas yang pertama yang pernah dilakukan oleh BPN pada tahun 2018 atas pengajuan dari ade Isrojin.

Terkait hal itu, Eliadi atau Koko, Koordinator Wilayah Watch Relation of Corruption dan Pengawasan Aset Negara Republik Indonesia (WRC PAN-RI) provinsi Kalimantan Timur mengambil sikap dari temuan yang telah diverifikasi oleh BPN antara lain mendorong BPN agar secepatnya mengeluarkan Berita Acara Tapal Batas atas nama SHM sdr Suwardi Puyanto dan Samsi sesuai dari hasil verfikasi.

Selanjutnya, WRC Kalimantan Timur juga mendorong Polres dalam melakukan penyelidikan agar secepatnya menetapkan ersangka dari kasus penyerobotan tanah tersebut, mengingat hasil verifikasi telah membenarkan posisi tanah Isrojin dan tidak tumpang tindih dengan SHM yang lain.

“WRC Kalimantan Timur dalam pengawalan permasalahan kasus ini akan menegosiasikan secara persuasif kepada perusahaan PT. Khotai Makmur Insan Abadi agar menyelesaikan tanggung jawabnya karena telah menggarap tanah Sdr Isrojin,” kata Eliadi. (Tim)

0Shares

Berita Terkait :

Aksi Penyerobotan Tanah Diduga Terjadi Di Desa Cileunyi Kulon

Rizky Pratama

Belasan Perahu dan Rumah Warga di Indramayu Ludes Dilalap Si Jago Merah

binpers

Sebelum Dilantik Kades Terpilih Di Pati Digembleng Pelatihan Selama 8 Hari

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy