20 C
Bandung
July 6, 2020
binpers.com
Investigasi Kaltim

Ketua Umum WRC Angkat Bicara !! “Terkait Sengketa Lahan di Kukar”

0Shares
Samarinda, BN – Ketua Umum Watch Relation Of Corruption Pengawas Aset Negara, PAN RI, Arie Candra Aziz, SH, MH menyatakan bahwa sebagai pucuk pimpinan, apabila di setiap tindak lanjut dan special attetion di locus delicti di masing-masing Koordinator WRC di wilayah.

“Senantiasa selalu siap 24 jam memberi dukungan, arahan, serta mendiskusikan setiap pergerakan anggota agar lebih optimal,” ungkap Arie Chandra ketika menerima via HP Koordinator WRC Wilayah Kaltim, Minggu (21/7/2019)

Menurutnya, pemerintah dan instansi terkait memberikan hak-haknya kepada masyarakat sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di tanah air.

“Apabila hal itu tidak dilakukan oleh pemerintah maupun pihak terkait, maka WPC PAN-RI akan mengawal hingga ke ranah hukum,” tegas Ari Chandra Aziz, SH, MH saat dimintai tanggapannya di ruang kerjanya.

Sementara itu menurut Koordinator WRC PAN RI Wilayah Kaltim, Eliadi Toto Haryono, SH, menyatakan mendukung Tim BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) bersama-sama dengan unsur Muspika dan Polres Kutai Kertanegara, atas dugaan penyerobotan tanah sertfikat hak milik Isrojin dan keluarga menghasilkan bahwa lahan tanah atas nama Suwarno Puyanto dan Samsi (SHM) yang menurut perusahaan PT. Khotai Makmur Insan Abadi terletak di atas sertifikat hak milik Isrojin (tertindis) ternyata tidak benar.

Selanjutnya, lahan atas nama Suwarno Puyanto dan Samsi setelah diverifikasi oleh Tim BPN dan disaksikan dari pemilik SHM dari unsur Muspika ternyata terletak di sebelah Barat Daya, dan berberjarak 300 meter dari tanah lahan Isrojin sesuai dengan bukti SHM.

Kemudian Tim BPN yang di lapangan akan kembali mengkroscek kembali bagian pemetaan sesuai dengan hasil verifikasi di lapangan. BPN tetap akan menetapkan tapal batas yang pertama yang pernah dilakukan oleh BPN pada tahun 2018 atas pengajuan dari ade Isrojin.

Terkait hal itu, Eliadi Koko, Koordinator WRC provinsi Kalimantan Timur mengambil sikap dari temuan yang telah diverifikasi oleh BPN antara lain mendorong BPN agar secepatnya mengeluarkan Berita Acara Tapal Batas atas nama SHM sdr Suwardi Puyanto dan Samsi sesuai dari hasil verfikasi.

Selanjutnya, Eliadi juga mendorong Polres dalam melakukan penyelidikan agar dapat meningkatkan ke penyidikan setelah meyakini adanya 2 alat bukti dari kasus penyerobotan tanah tersebut, mengingat hasil verifikasi telah membenarkan posisi tanah Isrojin yang tidak tumpang tindih dengan SHM yang lain, selain itu kata Eliadi

Namun demikian, juga masih tetap mengharapkan adanya penyelesaian yang bijak secara out of court (diluar persidangan) atau pedekatan persuassif perusahaan PT. Khotai Makmur Insan Abadi agar menyelesaikan tanggung jawabnya karena telah menggarap tanah Sdr Isrojin,” kata Eliadi.

0Shares

Berita Terkait :

Ketua DPC Salah Satu Ormas Mengaku Istrinya Digoda Oknum Calon Wakil Ketua DPRD Garut

binpers

Dandim Pimpin Peregangan Jalan Sehat Anggota Kodim 0906/Tenggarong

Rizky Pratama

Ada Kejanggalan Pada Rehab SDN Pegajahan 3 Kota Cirebon

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy