22 C
Bandung
July 10, 2020
binpers.com
Ekonomi & Bisnis Jawa Barat

Produsen Semen Domestik Terancam Kolaps

0Shares
Indramayu, Binpers.com – Produksi semen domestik kini sedang terancam keberadaannya karena terjadi kelebihan pasokan di pasaran sehingga mereka terancam mengalami kerugian.

Anggota DPR terpilih, Andre Rosiade, menguraikan bahwa kondisi ini terjadi kerena arus masuk semen Tiongkok ke dalam negeri terlalu besar, dan yang lebih parahnya lagi semen asal Tiongkok dijual dengan harga di bawah pasaran.

“Kenapa itu bisa terjadi karena ada Predatory pricing,di mana investor Tiongkok yakni semen Conch di duga dengan sengaja menjual semen Conch di Indonesia dengan harga merugi,” kata Andre dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/7/2019).

Penjualan semen Conch, katanya berdampak langsung pada penjualan semen dalam negeri hingga berpengaruh pada produksi yang terus menurun.

Berdasarkan penelusuran di situs penjualan online, semen itu dijual dengan harga yang lebih murah ketimbang semen lokal, semen lokal dibandrol Rp 51.000 sedangkan semen Conch dijual dengan harga Rp 34.000.

Hasilnya berdampak serius terhadap produk semen lokal yaitu, Semen Aceh, Semen Padang, Semen Baturaja, semen Gresik dan semen Tonasa yang harus menurunkan produksinya.

“Semen mereka tidak laku karena kalah bersaing, juga karena kebijakan Conch yang terindikasi menggunakan Predatory pricing itu,” tegas politisi Gerindra tersebut.

Demi menyelamatkan industri Semen lokal, Andri mendesak Presiden jokowi memanggil beberapa Mentri terkait dan segera melakukan langkah-langkah solutip, dengan begitu BUMN di sektor semen bisa menjadi salah satu produksi Ekonomi Bangsa.

“Apa lagi Asosiasi semen kita sudah berkirim surat kepada Menteri perindustrian agar juga menghentikan dan moratorium pembangunan perusahaan semen baru dari investor luar.apa lagi produksi semen kita sudah Over Supplay.” Ujar Andri. (WRC binpers.com)

0Shares

Berita Terkait :

Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar Serahkan Piala Bergilir Lomba Futsal

binpers

Manager Club Persikasi Diduga Bermain Skor Dalam Pertandingan Sepak Bola Liga 3 di Sumedang

Rizky Pratama

LSM GMB DPC Kab. Bandung Deklarasi Linda Herlina Caleg Golkar No.3 DPRD2 Dapil4

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy