22 C
Bandung
July 10, 2020
binpers.com
Maluku Utara Sosial

Masyarakat Tagih Janji Walikota Tidore Terkait Puskesmas Tosa

0Shares
TIDORE, BN – Ketersediaan air bersih di Puskesmas Tosa Kota Tidore Kepulauan menjadi keluhan bagi pasien dan masyarakat pada umumnya yang berobat di Puskesmas Tosa. Padahal, Puskesmas ini diresmikan oleh walikota pada Tahun 2016 lalu untuk melayani rawat inap. Namun sejauh ini sesuai hasil investigasi Binpers.com, air bersih dan dapur umum menjadi keluhan bagi pasien.

Walaupun Puskesmas itu sudah 3 tahunan diresmikan, tapi banyak masyarakat kota Tidore khususnya warga desa Tosa sangat kecewa dengan pelayanan yang serba kekurangan.

Hasil pantauan Tim Berita Investigasi Nasional di Puskesmas dan keterangan yang disampaikan kepala Puskesmas Tosa, Kamis (17/07/2019) sungguh mencengangkan.

“Benar jika sampai saat ini belum ada aktivitas rawat inap, pasalnya belum ada air dan dapur umum untuk pasien, karena setiap aktivitas yang tentunya membutuhkan air setiap saat,” ujarnya.

Airnya ada, tapi sejauh ini pantauan tim di TKP ternyata air sumur  tersebut jika digunakan pemakaiannya banyak maka akan kering, kadang tidak bisa digunakan karena airnya sangat kabur dan bau.

“Kita kan selalu perlu air bersih selama di sini. Kita berharaplah air bersih di sini selalu ada,” sebut salah seorang pasien yang tidak mau disebutkan namanya, baru-baru ini.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Puskesmas memambahkan dan mengakui bahwa air bersih merupakan kebutuhan utama pihak Puskesmas.

“Namun, kebutuhan utama tersebut yang menjadi permasalahan sejauh ini sudah dilaporkan dan belum lama ini juga tim yang sebagai pelaksana tehknik sudah turun dan Insha Allah akan dibantu,” tutur Kepala Puskesmas.

‘’Hal ini telah kita sampaikan secara lisan maupun tertulis kepada Dinas Kesehatan,  Pihak dinas telah beberapa kali meninjau, namun persoalan lokasi dan air masih menjadi kendala. Harus dibor,” sebutnya kepada wartawan.

Dia menambahakan, kondisi air tidak maksimal dan sering kabur di Puskesmas.  Untuk itu, pihaknya secepatnya akan mencarikan solusi agar pelayanan kepada masyarakat cepat dan lebih baik.

“Insha Allah saya akan sampaikan lagi keluhan masyarakat/pasien yang berobat di Puskesmas Tosa ini,” pungkasnya.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

Peduli Korban Bencana, Bahri Hamisi Salurkan Bantuan di Desa Tawa dan Songa

binpers

Pemkab Pasangkayu Menyalurkan Bantuan Paket Sembako yang Bersumber CSR

Istia Miralita

Gunernur Sumsel  Hadiri Rapat Monev Percepatan Penanganan Corona di Sumsel

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy