25.8 C
Bandung
July 5, 2020
binpers.com
Jawa Barat

Disperindag Kabupaten Bandung Gelar Sosialisasi Alat Ukur Takar Timbang

0Shares
Kabupaten Bandung, BN – Dinas perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bandung menggelar sosialisasi Alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di Desa Cicalengka Wetan Kabupaten  Bandung, Kamis (16/07/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kades Cicakengka Wetan Dede Zaenudin. Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya untuk melakukan tera dan tera ulang terhadap alat UTTP yang dipakai untuk bertransaksi.

Dalam sambutannya Dede Zaenudin menyampaikan, dengan diberlakukannya UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa urusan kemetrologian yang salah satu kegiatannya adalah tera dan tera ulang Alat Ukur, takar, timbang dan perlengkapannya UTTP yang semula menjadi urusan dan kewenangan provinsi, dengan terbitnya UU tersebut maka urusan kemetrologian menjadi urusan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

Lanjutnya, dalam kegiatan perdagangan baik barang maupun jasa hendaknya harus diukur, ditakar, ditimbang dengan menggunakan alat ukur dan cara pengukuran yang sama yaitu yang sah dan berlaku menurut UU yang sudah ditetapkan.

“Dengan penetapan tersebut, maka ada beberapa potensi yang dimiliki oleh kabupaten Bandung. Diantaranya SPBU, Tanki akut minyak, meter air PDAM pabrik dan hotel, argometer taksi, jembatan timbang, timbangan toko mas , timbangan tradisional dan perbelanjaan.

Ditambahkan Dede , adapun perlengkapan yang dimiliki pemerintah kabupaten sebanyak 4 yaitu alat standar penguji UTTP diantaranya anak timbangan, timbangan neraca, timbangan miligram, timbangan elektronik, propester meter taksi, jangka Sorong, stopwatch, meja kerja, salip ukur dan waterpas.
“Mudah mudahan dengan alat ukur yang dimiliki saat ini bisa membantu transaksi yang lebih baik,”ujarnya.

Sementara itu Kades Dede menyampaikan, dengan meningkatnya kegiatan perekonomian di kabupaten Bandung baik industri, perdagangan maupun jasa, hal ini pula berdampak meningkatkannya penggunaan alat alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) di Masyarakat.

“Maka dari itu untuk melindungi kepentingan umum di sektor industri dan perdagangan perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran serta ketertiban kepastian hukum,”ujarnya.(Gunarto)

0Shares

Berita Terkait :

Pemcam Kroya Kab. Indramayu Awasi Pengguna Dana Transfer Dengan Lakukan MONEV

binpers

Pelantikan Pengurus Partai DPD Nasdem Kabupaten Garut

Rizky Pratama

Kepala Desa Surabaya Limbangan Garut Akan Dilaporkan Terkait Penyalahgunaan Jabatan

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy