20.7 C
Bandung
July 6, 2020
binpers.com
Maluku Utara

Pemkab Halsel Terjunkan Tim Gabungan Untuk Bantu Korban Gempa

0Shares
HALSEL, BN – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) membentuk tim gabungan yang terdiri dari BASARNAS, PU Bencana Alam, TNI, Polri, PMI, dan seorang relawan Pers menyalurkan bantuan ke Korban gempa di Perbukitan Desa Wayatim Halmahera Selatan, Minggu (15/7/2019).

Personel TNI-Polri terus berupaya menelusuri medan laut untuk menempuh berjam-jam jarak melalui gelombang dan angin kencang untuk bisa sampai ke tujuan tempat pengunsian korban gempa di desa Wayatim dan 6 desa tetangga di Bacan timur.

Tim tersebut menggunakan Speed Boot untuk mengantarkan bantuan di daerah yang sulit dijangkau mobil, salah satunya daerah terkena longsor dan banyak jalan yang tidak bisa dilewati.

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba kepada awak media menyampaikan bahwa ada Tim yang dibagi zona yaitu Tim 1 Gane Barat dan Tim 2 Bacan timur yaitu Wayatim dan 6 desa tetangga. Sedangkan TiM 3 ke Nyunyifi dan sekitarnya untuk membawa bantuan logistik.

“Sebagian warga yang masih berada di Zona Gane Barat, Gane Dalam kini sangat sulit, namun sejauh ini berbagai cara tetap dilakukan agar bisa memberikan bantuan ke tempat yang paling parah, karena di Gane Dalam (terdapat) ratusan rumah yang hancur dan ribuan orang yang meninggalkan rumah untuk menyelamatkan diri ke ketinggian. Adapun korban yang mengalami kerugian yaitu rusaknya rumah mereka Insha Allah akan didata dan diberikan bantuan. Untuk sekarang kita masih fokus bantuan berupa popok dan obat-obatan, anak bayi dan makanan berupa mie instan dan aqua, tikar dan selimut,” tuturnya.

Untuk mengatasinya, lanjut Bupati, Zona yang sudah ditunjuk Tim 2 yang bergerak ke Wayatim untuk mendata rusaknya rumah warga.

Sampai sejauh ini Tim yang tergabung (TNI, POLRI, dan Pers) sebagai informasi ke publik melihat kondisi di TKP 90% rumah warga rusak berat dan 1 sekolah rusak total, yaitu SDN 182 Bacan Timut dan siswanya diliburkan pasalnya jarak sekolah dan tempat pengungsian terlalu jauh dan semua fasilitas sekolah sudah tidak bisa digunakan.

Untuk itu Para Aaggota TNI dan Polri bergerak cepat memberikan pelayanan yaitu bantuan yang berada di speed boot dipikul langsung oleh prajurit TNI dan dibantu masyarakat desa Wayatim, sebagian besar lelaki, sedangkan yang perempuan sudah mengungsi di atas ketinggian.

“Upaya ini terus menerus kita lakukan sebagai bentuk respon cepat terhadap kesulitan warga,” ujar A. Setiawan, salah satu anggota TNI yang juga Komandan Penanganan Darurat Bencana (PDB) yang dipercayakan untuk misi lapangan Desa Wayatim, Bacan Timur, Minggu (15/07/2019).

“Posko PDB akan bekerja semaksimal mungkin baik pagi, siang dan malam. Apapun akan kita usahakan agar semua bantuan yang diterima posko dapat disalurkan secara merata oleh masyarakat korban gempa. Kita berharap masyarakat yang di daerah perbukitan dapat turun ke titik pengungsian yang ditentukan,” katanya.

Hingga saat ini penyaluran bantuan ke daerah sulit telah dilakukan baik jalur darat dan Laut. Meski telah dilakukan maksimal, namun masih ada kemungkinan warga yang belum menerima bantuan, pasalnya banyak yang masih kurang berupa obat-obatan dan selimut, makan, dan susu untuk anak bayi.

Bupati juga menambahkan, untuk di ketahui kepala desa harus bersama masyarakatnya masing-masing dan jika darurat bisa gunakan anggaran dana desa untuk berikan bantuan darurat kepada masyarakat.

“Meskipun mekanisme penyaluran bantuan dilakukan, lanjut ke Desa hingga ke tangan warga, namun tidak menutup kemungkinan kita ikhtiar ada warga yang belum mendapatkannya. Untuk itu kepada masyarakat warga dapat melapor langsung ke kepala desa atau posko yang sudah dibuat BPBD,” pungkasnya.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

Kadishub Ternate Siap Dipecat Jika Pernah Berikan Izin Gunakan Badan Jalan Untuk Pesta Pernikahan

binpers

DANREM 152 TERNATE LAKUKAN ACARA TRADISI DI MAKAM PAHLAWAN SULTAN BABULLAH

binpers

Usai Sholat Jum’at Berjamaah, Kapolres Halsel Beri Himbauan Kamtibmas

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy