20 C
Bandung
July 6, 2020
binpers.com
Maluku Utara

Gempa Berkekuatan Magnetudo 7,2 di Halsel Menimbulkan Kerusakan

0Shares
BABANG (Halsel), BN –  Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 7,2 SR mengguncang pulau Bacan kabupaten Halmahera Selatan, khususnya di Desa Babang  dan sekitarnya pada hari Minggu (14/7/2019) berkisar pukul 18.09 wit.

Sesuai hasil pantauan Tim binpers.com di TKP ada kerusakan yaitu di pelabuhan Babang yang baru sehingga mengakibatkan plafon rusak berat karena goncangan, dan selang beberapa waktu terjadi gempa susulan  yang diikuti dengan surutnya air laut di seputaran lokasi kejadian. Tampak beberapa saat  air surut dengan cepat hingga mengeringkan pantai berkisar 5-6 meter yang membuat warga berlarian ketakutan karena menduga akan terjadi tsunami.

“Saya lihat air sudah surut (kering) terpaksa berlari ke dataran yang lebih tinggi karena waktu kejadian di Aceh saya lihat di TV itu air kering disusul dengan ombak besar tsunami, makanya waktu lihat air surut saya berpikir akan terjadi tsunami,” ucap salah seorang warga setempat saat dikonfirmasi awak media, Minggu (14/07/2019) pukul 16.10 WIB.

Para pengungsi korban gempa di Halmahera Utara (Dok. Binpers.com)

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=7,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,56 LS dan 128,06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 63 km arah timur Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 29 km.

  • Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya maka gempa ini merupakan gempa dangkal yang diduga  kuat dipicu oleh sesar aktif. Diduga kuat Sesar Sorong-Bacan dengan mekanisme sesar geser menjadi pembangkit gempa ini.
  • Guncangan gempabumi ini dilaporkan BMKG dirasakan di Ternate, Halsel, Namlea, Gorontalo, Sorong, Bolaang Mongondow. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami
  • Hingga pukul 1.40 WIB, Hasil monitoring TIM Berita menunjukkan 2 adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Ada beberapa keruskan juga di Gane dalam, Gane Timur, Gane luar ada korban meninggal, dan desa Saketa dan Cango yang juga ada kerusakan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang. Untuk informasi lebih lanjut Tim Berita Investigasi Nasional / binpers.com meninjau kondisi pengungsian di Polsek Babang, sesuai hasil pantuan kurang lebih jumlah warga masyarakat desa Babang dan Sayoang yang mengungsi di Mako Polsek Bacan Timur sebanyak 230 dengan rincian :

1). Laki-laki : 62 orang

2). Perempuan : 77 orang

3). Anak-anak : 91 orang

Sejauh ini masyarakat yang mengungsi baru mendapatkan bantuan logistik berupa mie intant dan air minym kemasan, sedangkan yang mengungsi kebanyakan anak-anak.  Mereka sangat butuh selimut dan popok serta obat-obatan.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

Jelang Bulan Suci Ramadhan 1441 H, Polri Laksanakan Bakti Sosial Serentak Kepada Warga Terdampak Covid-19

Rizky Pratama

Ribuan Masyarakat Padati Upacara Pembukaan Liga Gala Desa Di Halbar

binpers

Pemkab Halsel Terjunkan Tim Gabungan Untuk Bantu Korban Gempa

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy