21.2 C
Bandung
June 6, 2020
binpers.com
Maluku Utara

KSOP Ternate: Saya Tidak Segan Menindak Tegas Anak Buah yang Melakukan Pelanggaran Dengan Sengaja

0Shares
TERNATE, BN – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Taher Laitupa meminta agar Syahbandar memperhatikan keselamatan pelayaran serta cermat dalam Pemeriksaan, Pelayanan dan pembuatan (BAPP) secara akurat.

Hal ini di karenakan sering terjadinya kecelakaan, seperti kejadian belum lama ini, spid boud yang bertabrakan dengan Motor kayu, dan sebelumnya juga pernah ada kapal KMP BANDENG yang tenggelam.

Hal ini sangat penting bagi KPLP dalam pemeriksaan kapal yang memuat penumpang harus ada manifest penumpangnya.

“Tentu setiap terjadinya kecelakaan yang bisa menyebabkan korban jiwa dan materi pasti ada penyebabnya. Untuk itu BAPP sangat penting yang menjadi tugas utama Syahbandar Utama dan KSOP yang ada di pelabuhan-pelabuhan, salah satunya pelabuhan Bastiong dan semut mangga dua di perairan Maluku Utara,” ucapnya.

Saat TIM BERITA INVESTIGASI NASIONAL/ www.binpers.com bertemu dengan KSOP Ternate, Taher Laitupa di ruang kerjanya, menyampaikan bahwa pembekalan pada Sosialisasi Pemeriksaan Lanjutan Kecelakaan Kapal, sangat penting, agar masalah maupun penyebab kecelakaan dapat diketahui, sehingga peristiwa serupa tidak terulang kembali.

Selain itu, Taher Laitupa menegaskan, pemeriksaan pendahuluan dianggap sangat penting ketika melakukan proses penyelidikan, sehingga diperlukan peningkatan kualitas dalam pembuatan BAPP tersebut, mengingat BAPP diteruskan ke Dirjen Perhubungan laut serta ke Mahkamah Pelayaran atau Mahpel.

Menanggapi permasalahan yang terjadi di pelabuban bastiong beberapa hari yang lalu, KSOP Ternate telah melakukan penyelidikan maupun pengusutan, dan oknum petugasnya sudah di beri sanksi tegas.

“ini sebagai tindak lanjut masalah kelalaian anggota saya di kejadian KM ELISABET yang dengan sengaja melebihi kapsitas karena beralasan kehabisan tiket penumpang, untuk itu kepada masyarakat yang berikan informasi atas peristiwa kejadian di lapangan, kami sangat berterimakasih,” ujar Tahe.

Lebih lanjut Taher menegaskan semua pelayaran kapal laut yang beroperasi agar memiliki izin dan manifes penumpang  dalam melakukan penanganan kecelakaan kapal.

Menurutnya, jika dalam pembuatan BAPP tidak akurat atau salah prosedur, tentu Mahpel dalam melakukan pemeriksaan lanjutan akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis.

Sosialisasi dan bimbingan teknis ini, khususnya pemeriksaan lanjutan kecelakaan, diperlukan sinergi antarpihak terkait. Sebab, sinergitas antara penegakan hukum pelayaran terutama KSOP dan pihak terkait lainnya yang berada di lini terdepan pada penanganan kecelakaan kapal sangat penting.

Sinergi penanganan kecelakaan, lanjut dia, bukan kepada mencari siapa yang salah, tetapi apa penyebab kecelakaan itu, artinya tidak mencari siapa yang salah, tapi penyebabnya apa, agar kejadian serupa tidak terulang.

“Kita tidak fokus mencari kesalahan, tapi paling utama penyebab kecelakaan itu sendiri agar tidak berulang,” ucap KSOP Ternate ini kepada Tim wartawan binpers.com.

Taher memberikan pemahaman kepada pihak yang terkait harus berkesesuaian dengan Instruksi Menteri Perhubungan nomor 5 tahun 2017 tentang Percepatan Pemeriksaan Kecelakaan Kapal.

“Apabila terjadi kecelakaan, maka Syahbandar wajib memberikan informasi secepat kilat kepada KSOP, dan sebagai KSOP saya akan melaporkan kepada pimpinan di pusat, maka dari itu  nahkoda wajib melaporkan ke Syahbandar, sesuai dengan IM nomor 5 tahun 2017, harus ada percepatan sebagai efesiansi dan juga laporan kepada publik. Dan dalam waktu tiga hari sudah harus dilaporkan ke Dirjen maupun ke Menteri serta Sekjen. Setelah lima hari kemudian, dilakukan pemeriksaan,” pungkas Kepala KSOP Ternate, Taher Laitupa.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

As SDM Kapolri Himbau Masyarakat Dan Anggota Polri Laksanakan Istigosah Serentak Di Rumah Masing-Masing

Rizky Pratama

Polda Maluku Utara Serahkan Ranmor R2 Untuk 45 Bhabinkamtibmas

binpers

Kebakaran Di Pasar Labuha Bacan, Puluhan Kios Dan Lapak Ludes

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy