21.2 C
Bandung
June 6, 2020
binpers.com
Maluku Utara

Kelebihan Kapasitas, Petugas “Nekad” Berangkatkan Kapal

0Shares
Bastiong-BN, Sebagai penegak hukum di laut, personil Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) harus lebih profesional serta menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia kemaritiman.

Petugas lapangan juga harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus yang dapat membantu dalam menjalankan tugas di lapangan dan menghadapi berbagai masalah di lapangan, salah satunya keterampilan tentang Boarding Officer.

Namun dari hasil pantauan TIM BERITA INVESTIGASI NASIONAL/www.binpers.com di  Pelabuhan Bastiong, masih banyak hal yang perlu dibenahi.

Petugas Penjagaan Laut dan Pantai tak berani tegas melakukan hal yang baik demi keselamatan,

Salah satu contoh adalah saat kapal KM ELIZABETH III sedang beraktifitas memuat penumpang dari pelabuhan Bastiong menuju Bacan Halmahera Selatan.

Pasalnya Petugas Pemeriksa Kapal dalam Penegakan Peraturan di Bidang Keselamatan dan Keamanan Pelayaran (Boarding Officer) di Bastiong Masih belum serius.

Tim Investigasi menemukan pelanggaran dalam pelayanan ini terkesan dibiarkan, banyak penumpang yang tidak memiliki Tiket, karena beralasan tiket habis terjual, namun petugas membiarkan Penumpang tersebut untuk naik ke kapal, padahal penumpangnya sudah sangat padat, belum lagi kendaraan roda dua dan barang barang 9 bahan pokok yang di angkut dari Ternate ke Bacan.

Untuk memastikan manifest penumpang, Tim binpers.com coba bertemu dengan sahbandar yang bertugas di pelabuhan Bastiong, Ibrahim, tapi beliau tidak ada di tempat dan petugas yang berada di sana tak ada satupun yang berani untuk menjelaskannya.

Amat, salah satu penumpang mengatakan sangat kecewa dengan kinerja petugas pelabuhan, karena sebagian yang tidak memiliki tiket bisa naik untuk ikut berlayar.

“saya sangat kecewa, kalau memang ini tidak bisa ya semua saja tidak usah di naikin ke kapal, ini kan terkesan petugas tidak adil,” ucap Amat.

Dirinya juga berharap, semoga dengan adanya kejadian ini, Kementerian Perhubungan Laut secepatnya lebih tegas dalam hal pelayanan dan bukti manifes penumpang.(MS)

0Shares

Berita Terkait :

Kabag Sumda Jadi Irup di Upacara HUT Bhayangkara Ke-73 di Mapolres Halsel

binpers

Sosok Anak Dari Seorang ABK Motor Kayu Rum Bastiong Yang Lolos Sebagai Anggota TNI

Rizky Pratama

Seluruh Perwira Batalyon A Pelopor, Melaksanakan Materi Menembak Reaksi

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy