21.2 C
Bandung
June 6, 2020
binpers.com
Ekonomi & Bisnis Jawa Barat

Satgas Citarum Harum Silaturahmi Dengan Pengelola KJA di Waduk Jatiluhur

0Shares
PURWAKARTA, BN – Komandan Sektor 14 satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi S. Sos bersilaturahmi dengan petani jaring apung zona 2 di kampung air servis Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Purwakarta.
Program Citarum Harum ini harus selalu disampaikan kepada para petani ikan khususnya yang mengelola Kolam Jaring Apung (KJA) di waduk di Jatiluhur.

“Petani ikan ini harus memahami apa yang jadi kendalah citarum ini tercemari salah satunya limbah penghuni kolam tersebut. Jadi kami berharap penghuni bisa buang limbahnya di tempat yang semestinya,” ujar Purwadi.

Oleh karena itu, lanjutnya, macam- macam limbah ini harus bisa diantisivasi oleh kita dan kami juga berharap masyarakat juga bisa membantu program Citrum Harum ini.

“Salah satu contoh KJA ini tidak pasti ditempati oleh ikan akan tetapi dijaga oleh manusia dan yang harus dijaga salah satunya kotoran manusia yang dibuang danau tersebut,” tegasnya.

Di tempat yang sama perwakilan petani KJA, Agus Miswandi (43), mengapresiasi langkah persuasif yang dilakukan TNI terkait penertiban.

“Ada stigma negatif di antara petani KJA ketika mendengar istilah satgas. Namun, apa yang disampaikan Dansektor 14 kali ini mudah diterima para petani. Silaturahmi, bahkan ada dialog dan mendengarkan masukan langsung dari para petani,” ucapnya.

Agus yang telah mejadi petani KJA selama 18 tahun ini juga menegaskan pada prinsipnya para petani KJA mendukung program Citarum Harum.

“Harapannya, setelah program ini selesai kolam milik petani disertifikasi. Sehingga memiliki legalitas hukumnya. Kami tegaskan juga, melalui sosialisasi seperti ini informasi yang disampaikan lebih mudah diterima,” tandasnya.(LILI)

0Shares

Berita Terkait :

Pertamina (FT Labuha Bacan) Pastikan Stok BBM Jelang Nataru Aman

Rizky Pratama

Prioritas Tenaga Kerja Lokal masih menjadi komitmen Tambang Nikel Site HaulSagu di pulau Obi

binpers

Manager Club Persikasi Diduga Bermain Skor Dalam Pertandingan Sepak Bola Liga 3 di Sumedang

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy