21.2 C
Bandung
June 6, 2020
binpers.com
Jawa Barat Pendidikan & Budaya

Ridwan Kamil Akan Gratiskan SPP untuk SMA/SMK Negeri di Jabar

0Shares

Sedang di wacanakan. Insya Allah tahun depan kalau tidak ada halangan dan Dewan menyetujui

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sedang menyiapkan program menggratiskan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk siswa SMA dan SMK. “Sedang di wacanakan. Insya Allah tahun depan kalau tidak ada halangan dan Dewan menyetujui,” kata dia di Bandung, Selasa, 18 Juni 2019.

Ridwan Kamil mengatakan, program SPP gratis tersebut rencananya ditujukan pada siswa SMA/SMK Negeri. Khusus untuk siswa SMA/SMK Swasta hanya pada siswa yang masuk kategori tidak mampu. “(Siswa SMA/SMK) Negeri, dan Swasta yang tidak mampu,” kata dia.

Ridwan Kamil mengaku butuh dana besar untuk memulai program SPP gratis tersebut. ”Sekitar hampir Rp 2 triliun, berat,” kata dia.

Dia berencana mendapatkan dana tersebut dengan melakukan penghematan di APBD Jawa Barat. “Kita akan melakukan penghematan-penghematan. Sehingga hasil penghematannya bisa kita alokasikan untuk SPP gratis SMA/SMK,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengaku belum bisa merinci penghematan yang akan dilakukan, agar tidak menggangu anggaran lain. “Makanya lagi dihitung. Doakan. Niatnya sudah ada,” kata dia.

Beberapa daerah kembali menarik SPP untuk tingkat SMA setelah wewenang pengelolaan sekolah itu ditangani pihak provinsi. Sebelumnya beberapa kabupaten atau kota menggratiskan biaya pendidikan untuk jenjang SMA/SMK.***

0Shares

Berita Terkait :

Pelantikan Perangkat Desa Tanjung Wangi Kec.Cicalengka Kab.Bandung Tahun 2020

Rizky Pratama

Guru Di Majene Tidak Mendapatkan TPP ?

binpers

Kapolres Cirebon Adakan Kegiatan Deklarasi Nota Kesepakatan Fakta Integritas Bersama Demi ciptakan Pilpres Dan Pilcaleg Aman Terkendali

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy