23.8 C
Bandung
June 3, 2020
binpers.com
Investigasi Jawa Barat

Proyek Siluman TPT Sungai Dungus Maung Desa Waluya Kec. Cicalengka

0Shares
Kabupaten Bandung, BN – Pembanguanan Tanggul atau Tembok Penahan Tebing (TPT) Sungai Dungus Maung Ciseke Desa Waluya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, diduga tidak sesuai spek dan tampak asal-asalan.

Selain itu, pelaksanaan pembangunan TPT juga tanpa adanya papan nama proyek, sehingga nilai anggaran dan volume pekerjaan yang tidak jelas menjadi pertanyaan warga sekitar.

Seperti halnya disampaikan salah satu warga Cicalengka Dani(45). Ia mengatakan, bahwa pembangunan TPT di Sungai Ciseke kelihatan tidak sesuai spek, karena pemasangan batu mukanya dipisah, ditempelkan di fondasi, selain itu, volume pekerjaan tidak sesuai dengan apa yang dibilang oleh pekerjanya.

” Lebar fondasi dasar bilangnya 1 (satu) meter, tapi nyatanya sekitar 60 Cm, dan tinggi galian bilangnya 1 meter, nyatanya hanya 25 Cm,” katanya.

Sementara warga lain, Asep (55), menuturkan, ”Selain itu, beberapa warga yang ikut bekerja di proyek itu, tidak dibayar hanya diberi kasbon, sehingga warga melaporkan ke pihak Polsek setempat. Namun ketika mau dipanggil Polsek, pihak pelaksana hingga pemberitaan belum ketemu,” tutur Asep.

Hasil pantauan Binpers.com, pekerjaan pembangunan TPT di Dungus Maung Ciseke masih berjalan, dan tidak terpasang papan nama proyek. Padahal nampak jelas dalam Undang Undang KIP No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan PP No 45 Tahun 2017 tentang peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah.

Ketika ditanya, salah satu pegawai yang tidak menyebutkan namanya mengatakan, ”Pekerjaan TPT sudah tiga minggu berjalan. Saya di sini hanya sebagai pegawai, masalah papan nama proyek tidak tahu dan pihak pelaksana jarang ke sini,” ucapnya.

Pelaksana juga menyebutkan, bahwa mengenai progres dan volume pekerjaan, lebar fondasi dari bawah lebar 1 meter sampai ke atas 40 Cm, ketinggian fondasi mulai dari 2 meter sampai dengan 2,5 meter, dan panjang 45 meter. Untuk pemasangan batu muka, dipasang ditempel di fondasi ini sesuai speknya, kerena sekarang di Kabupaten Bandung cara pasang batu muka ditempel di fondasi tidak harus disatukan dengan pekerjaan fondasi, jelasnya.(Gunarto)

0Shares

Berita Terkait :

Beberapa Ormas dan LSM Cirebon Hadiri Apel Upacara Peringati HUT RI Ke-73

binpers

Dir Binmas Polda Jabar Lakukan Pembinaan Menyosor Peran Karang Taruna

Rizky Pratama

Rapat Persiapan Perubahan Peningkatan Tipologi Polres Bandung Dan Polres Cirebon Menjadi Polres Kota Bandung Dan Polres Kota Cirebon

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy