21 C
Bandung
June 3, 2020
binpers.com
Lampung

Pemusnahan 4 Ton Daging Babi di Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Bandar Lampung 

0Shares
Lampung-BN,  Kolaborasi Intelijen Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Bandar Lampung bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni dan Seaport Interdiction Polres Kabupaten Lampung Selatan pada 28 April 2019 lalu kembali berhasil menggagalkan pengeluaran daging celeng seberat 4000 kg.

Daging celeng tersebut di bawa dari Kenten Palembang (Sumsel ) dengan tujuan Solo Jawa Tengah menggunakan kendaraan colt diesel warna merah dengan no pol BG 8997 YA.

Pada saat di periksa, supir mencoba mengelabui petugas dengan mengatakan membawa semangka dari Lampung dengan tujuan Jogjakarta.

Saat petugas Karantina menanyakan kelengkapan dokumen persyaratan karantina, supir tidak dapat menunjukan dokumen yang dimaksud, petugas kemudian membawa kendaraan tersebut ke kantor balai karantina pertanian kelas 1 Bandar Lampung wilayah kerja pelabuhan penyeberangan Bakauheni untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kantor balai karantina kemudian menerbitkan surat penahanan nomor KH 8A No.2019.1.1103.0.K8A.K013604.

Daging celeng yang di tahan kemudian di simpan dalam cold storage milik balai karantina.

Pemilik tidak memenuhi persyaratan karantina sesuai Pasal 6 ayat a dan c, uu no.16 tahun 1992, tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Serta Pasal 5 ayat 1, 2 dan 3 PP ,No, 82 tahun 2000,tentang karantina hewan, Pemilik di berikan kesempatan sampai 3 hari, untuk hadir memenuhi Persyaratan.

Saat ini pelaku di lakukan penyidikan terhadap pelanggaran UU No, 16 tahun 1992, Pasal 6 ayat a dan c ,Pasal 9 ayat 1 junto .Pasal 31 ayat (1) dan (2) tentang karantina hewan , ikan dan tumbuhan . Dengan ancaman pidana 3 tahun dan denda sebesar 150 juta rupiah.

Pada hari Kamis, 16 Mei 2019 daging celeng seberat 4 ton tersebut dimusnahkan dengan cara di bakar.(margi, ismail, yudi)

0Shares

Berita Terkait :

Kebakaran Lahan Terjadi di Palas Aji

binpers

Pengukuhan Pokdar Kamtibmas di Rumdin Bupati Lamsel

Susilawati

Satreskrim Tulang Bawang dan Jajarannya Berhasil Ungkap 36 pelaku C3 dan Premanisme Selama Tiga Pekan

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy