21 C
Bandung
May 28, 2020
binpers.com
Opini Sulsel

Pemilu Damai Harga Mati Bagi Bangsa Yang Bermartabat

0Shares
H. Bustan

Terciptanya pemilu yang da­mai, adalah bagian dan wujud nyata ka­rakter kita sebagai bangsa Indonesia.

Perbedaan pilihan hendaknya disikapi de­ngan penuh kedewasaan, saling menghormati dan saling memuliakan, mendahulukan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok dan golo­ngan untuk tetap menjunjung tinggi semangat per­saudaraan, persatuan dan kesatuan.

fenomena kegiatan dukung mendukung dalam berkampanye terutama di media sosial sangat ber­potensi besar berada di titik rawan konflik antar ma­syarakat pendukung.

Sebab, pasti semua calon legislatif juga capres dan cawapres memiliki banyak pendukung yang fanatik.

Di sinilah peran para calon baik pileg dan pilpres menjaga agar proses Pemilu berjalan damai.

Se­lu­ruh strategi kampanye semes­ti­nya dititik beratkan pada mempersiapkan adu gagasan, visi misi dan program-pro­gram lainnya yang tentunya untuk ke­se­jah­teraan rakyat.

Semuanya harus ob­jek­tif, sehingga rakyat melihat bahwa se­mua bertujuan untuk membangun bangsa.

Para po­litisi semestinya harus mengedepankan kebersamaan dan rasa persaudaraan sehingga tidak me­­nimbulkan perpe­cahan di tengah – te­­ngah masyarakat.

Publik dalam hal ini harus disuguhkan politik santun, bermar­tabat dan menye­jukkan sehingga perbe­da­an yang ada tidak berdampak terha­dap sta­bilitas dan kerukunan hidup ber­ma­sya­rakat

Hal tersebut diharapkan agar perbedaan aspirasi politik menjadi hikmah untuk saling menghormati dan me­muliakan agar persaudaraan sebagai bangsa tetap terpelihara.

Sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila se­bagai dasar Negara serta diperkuat dengan semboyan “walau berbeda – beda kita tetap satu yaitu Indonesia”, maka sudah seharusnya kita menghayati dan melak­sana­kan pesta demokrasi ini dengan damai, santun yang memiliki tujuan mulia untuk kesejahteraan rakyat.

Sebagai negara yang berpe­gang teguh pada prinsip – prinsip diatas, maka semua adalah tanggungjawab kita bersama baik ma­syarakat, pemerintah dan lembaga – lembaga lainnya untuk me­­realisasikan nilai – nilai yang ter­kan­dung dalam Pancasila dan Bhinneka Tung­gal Ika demi terwujudnya Indonesia yang damai.

Pemilu damai dan bermarta­bat adalah menjadi harga mati yang harus kita per­juangkan dan wujudkan, siapapun pe­menangnya adalah saudara kita yang ha­rus kita hormati dan bagi yang kalah juga merupakan saudara kita yang ha­rus di­hormati sebagai putra terbaik yang peran dan kon­tribusinya tetap harus diakomodir guna mensukseskan pembangunan na­sio­nal menuju cita-cita bangsa menuju masyarakat yang sejahtera.

0Shares

Berita Terkait :

Ketua DPRD Polman Minta Jurnalis Profesional

binpers

Andri Setiawan : Semua Harus Dimulai Dari Diri Sendiri

Rizky Pratama

Napi Kelas IIA Kota Palopo Diasimilasi Guna Cegah Penyebaran Covid-19

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy