20 C
Bandung
July 6, 2020
binpers.com
Sosial Sulteng

Sukseskan Program PIS, Kadikes Banggai Dr. Anang S. Otoluwa Luncurkan Program Strategis

0Shares
Luwuk, (Sulteng), BN- Guna mewujudkan Program pemerintah pusat melalui Program Indonesia Sehat (PIS) di wilayah Kabupaten Banggai, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai DR.Dr. Anang S. Otoluwa, MPPM melakukan terobosan dengan membentuk satuan kecil ditingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan dengan membentuk Petugas Kesehatan (PK).

Kepada awak media binpers.com, Kadikes Dr.Anang mengatakan bahwa pembentukan PK ini dikarenakan tidak adanya petunjuk secara teknis tentang Pelaksanaan program PIS dilapangan.

“PK  ini dibentuk guna menindak lanjuti program pusat yang dikenal dengan PIS, dan PK nantinya akan membawahi sejumlah 100 KK dimasing-masing wilayah kerja. Dimana kabupaten Banggai terdapat 900 PK atau dengan kata lain terdapat lebih kurang 90.000 KK binaan”, imbuh Kadikes Anang S. Otoluwa.

Dalam pelaksanaannya, setiap PK akan menerapkan 12 indikator dalam penilaian kategori, antara lain kepala keluarga perokok, memiliki jamban, memiliki BPJS Kesehatan, dll.

“Program PIS ini sudah ada sejak  Tahun 2016, namun baru dilaksanakan dengan melakukan pemetaan PK nya pada akhir Tahun 2018”, tutur Kadikes Dr. Anang S.  Otoluwa saat ditemui diruang kerjanya Rabu, 08 Mei 2019.

Kadis Anang juga menambahkan bahwa program ini mendapat Respon Positif dari Bapak Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM, yang mana telah dibuat jambore di 4 dapil, Yakni jambore dipusatkan masing-masing ; di Puskesmas Toimak, Balantak, Nambo dan terakhir di Kecamatan Toili.

Masih dari Kalangan Kadikes, hasil sementara peningkatan status keluarga sehat mencapai 16-20%, Bupati Herwin Yatim menggunakan bisa mencapai target 25% pada bulan mei tahun ini, selanjutnya akan dilaksanakan Evaluasi pada Triwulan ke-2.

Kendala tidak ada, kecuali di kota karena mobilitas warga sangat tinggi sehingga saat didatangi petugas kesehatan warga tidak berada ditempat.

Kepada media Binpers.com, Kadikes Anang berharap kerja sama yang baik dari pihak-pihak terkait ditingkat bawah khususnya warga agar dapat meluangkan waktunya saat didatangi petugas kesehatan dimasing-masing wilayah. (TK)

0Shares

Berita Terkait :

Launching PTSL 2018 Badan Pertanahan Kab Buol, Memberikan Penghargaan Kepada Kepala Desa Mongginit Sebagai Desa Berprestasi Di Bidang Pendaftaran Tanah

binpers

Menteri PUPR: “Jalan Tol Brebes-Pemalang Bisa Dilalui untuk Mudik Lebaran”

binpers

Dr. H. Husmaruddin Adakan Pertemuan Terkait Lonjakan Harga Listrik & Tambang di Luwu

Istia Miralita
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy