28.5 C
Bandung
July 6, 2020
binpers.com
TNI/Polri

Hoax di Ciptakan Orang Pintar Disebar Orang Bodoh

0Shares

Sampang (BN) – Kapolres Sambang, AKBP Budi Wardiman menyebut hoaks itu diciptakan oleh orang pintar yang berhati jahat. Kemudia hoaks disebarluaskan oleh orang-orang baik yang bodoh.

“Kesimpulan saya, bahwa hoaks diciptakan oleh orang pintar tapi jahat. Tapi yang parah hoaks disebarluaskan oleh orang baik yang bodoh,” ujar Budi beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, saat ini sistem komunikasi berbeda dengan jaman dulu. Sekarang komunikasi serba terbuka, dari berbagai arah. Meski demikian, sambungnya, hoaks dampaknya luar biasa. Di tingkat dunia, hoaks bahkan menimbulkan perpecahan dan peperangan.

Upaya melawan hoaks menurutnya sudah dilakukan jajaran Polri sejak lama. Pada 2015, Polri mengeluarkan surat edaran Nomor 6 Tahun 2015, itu untuk internal polri. Tapi 2016 akhir–2017 merebak luar biasa hoaks baik di media mainstream, maupun media sosial,” katanya.

Pada 2017, menurutnya Polri membentuk tiga sub satgas baru yang bertugas melakukan patroli 24 jam sehari dan 7 hari. “Seminggu tanpa henti, memantau semua yang terkait ujaran kebencian, hoaks. Namun demikian karena jumlah terlalu besar, 130 juta orang dalam dunia cyber menggunakan media sosial. Ini tanpa permisi masuk ke akun-akun kita yang kita tidak tahu tiba-tiba muncul,” kata Budi.

Berdasarkan hasil penelitian intelejen, menurutnya, kecenderungan hoaks SARA menurun tajam pascaditangkapnya kelompok Saracen. Setelah itu muncul hoaks baru di bidang pangan, seperti viralnya informasi tentang telur palsu hingga hasil pemilu yang serang terus terjadi  “Hoaks itu bisa dicek, meski perlu waktu sedikit. Kalau media maenstream dan media lain tidak mengunggah maka 90 persen hoaks,”pungkas Budi (pri)

0Shares

Berita Terkait :

Narkoba, Senjata Perang Proxi Pembunuh Paling Mengerikan

binpers

Kapolres Ternate Bekali Peserta Jojaru Ngungare MKR 2019 dengan Wawasan Kebangsaan

binpers

Kapolda Maluku Utara Optimis Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Polri Meningkat

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy