28.2 C
Bandung
June 3, 2020
binpers.com
Maluku Utara Politik

Diduga Terjadi Kecurangan di Beberapa TPS Wilayah Ternate Utara, Caleg PKPI Siap Buka Data

0Shares
Ternate Utara-BN, Calon Legislatif Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) no urut 2 Daerah pemilihan Ternate Utara,  Muhammad Chaisar Efendi, ketika melakukan sortir data form C1 mendapati beberapa pelanggaran administrasi yang menurutnya ada indikasi kesengajaan oleh pihak penyelenggara dalam melakukan rekapan data pemilih.

Menurutnya, berita acara yang tercover di meja kerjanya baru sekitar 50% untuk dapil ternate utara kemudian setelah diteliti ternyata banyak terjadi pelanggaran administrasi didalamnya.

“Berita acara form C1 banyak terjadi pelanggaran administrasi, selisih suara daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak pilih, jumlah pengguna hak pilih ditambah dengan suara cadangan terus suara sah partai politik yang berada dalam form C1, itu banyak terjadi selisih angka-angka,” ujar pria yang akrab di sapa Kaisar tersebut.

Terus ada lagi kejadian, tambah Kaisar, dimana daftar pemilih tambahan (DPTb) menyalurkan hak pilih di tingkat kota, padahal seharusnya DPTb ini dilihat surat pindah memilih atau form A5 nya apakah yang bersangkutan hanya bisa menggunakan hak pilih dimulai di tingkat DPRD Provinsi, DPR RI, DPD hingga Presiden ataukah yang bersangkutan bebas sebagaimana yang memiliki surat pemberitahuan memilih atau C6. Karena yang ditemukan nya di berita acara beberapa TPS Ternate utara pengguna form A5 ternyata juga bisa memilih DPRD tingkat II (Kota/Kab).

Kepada binpers.com,  Kaisar mengaku kesal dengan ulah oknum anggota penyelenggara yang menurut dia terkesan sengaja menambah-nambahkan angka DPT.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Sangaji Utara kec, Ternate Utara, salah satu TPS nya saat melakukan penghitungan jumlah surat suara sah itu tidak sama dengan jumlah surat suara yang di dapat dari KPU

“Jumlah surat suara yang diterima terus surat suara cadangan itu melebihi, jadi ada indikasi permainan dalam form berita acara, terus ada juga di beberapa TPS kelurahan Dufa-Dufa dimana jumlah surat suara untuk Kota jauh lebih banyak dari DPRD Provinsi dan DPR RI tapi nanti kita bikin penyelesaian di pleno PPK nanti,” ungkap Kaisar, saat dijumpai di kediamannya di Jln. AM Kamaruddin Kel. Salero kec. Kota Ternate Utara, Jum’at (19/04/2019).

Selain itu, dirinya juga mengaku masih banyak menemukan kejanggalan lain dan rencananya akan di pertanyakan pada saat Pleno di tingkat kecamatan nanti.

Menanggapi dugaan pelanggaran administrasi, Ketua Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Maujud Taib, saat dikonfirmasi dirinya menepis santai adanya dugaan pelanggaran administrasi, dirinya menjamin seluruh proses pemilu tidak akan ada yang berani keluar dari koridor ketentuan.

“sebenarnya tidak ada kecurangan atau semacamnya, kenapa saya bilang demikian, karena disitu juga ada saksi, ada panwas juga pemantau lapangan jadi tidak ada ruang untuk buat gerakan tambahan,” ujar Taib dengan nada santai.

Taib yang ditemui di depan ruang Aula sekolah MAN Kota Ternate, mengatakan dirinya menjamin tidak akan ada yang berani macam – macam terkait rekapan data apalagi sampai nekat bermain dengan angka-angka karena jika ada saksi yang keberatan harusnya bisa layangkan keberatan menggunakan form C2 yang disediakan dan bisa diselesaikan hari itu juga

“jadi kalau ada indikasi curang, curangnya dimana,” tegas Taib.

Menurutnya ini adalah hajatan yang di selenggarakan secara transparansi dimulai dari setingkat surat suara dihitung semua sesuai form C1, yang pertama surat suara yang diterima berapa atau jumlah DPT berapa, jumlah DPTb berapa, jumlah DPK berapa, kemudian jumlah pengguna hak pilih berapa, Semuanya itu dihitung .

Ia juga menjelaskan jika terdapat masalah administrasi kemungkinan pasti ada karena bisa jadi pengaruh petugas lelah dan sebagainya.

“jika ada salah dalam penulisan nanti kita liat selisih-selisihnya, dan pasti akan diselesaikan,” tutup Taib (MS)

0Shares

Berita Terkait :

Patroli Pengamanan Rencana Ibadah Misa Natal 2019

Rizky Pratama

Korem 152/Babullah Gelar Penataran Dan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Dan Anggaran

Rizky Pratama

Bhayangkari Cab. Halsel Kembali Berikan Bantuan Kemanusiaan di 2 Desa

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy