22.6 C
Bandung
July 8, 2020
binpers.com
Investigasi Maluku Utara

Demi Kenyamanan Pelayanan Di Puskesmas Kayoa, Warga Minta Agar Membangun Gedung Baru

0Shares
Halsel, Binpers.com- Bangunan puskesmas Desa Guruapin kecamatan Kayoa sangat memprihatinkan. Lode Warga Kayoa yang berobat di puskesmas setempat bahkan ia  menyebutnya sebagai tahanan di jaman perang.

Pasalnya bangunan yang didirikan pada tahun 1982 sebenarnya sudah bisa di bangun yang baru ,bagimana tidak pada hari Selasa (22/1/19)  saat tim media Binpers.com bertemu langsung dengan kepala puskesmas ibu Aminah Albar menjelaskan bahwa bangunan yang berada di atas lahan desa Guruapin kecamatan Kayoa  tersebut sudah rapuh di bagian dinding dan atapnya,” ungkapnya.

Bangunan puskesmas sebenarnya sudah tidak layak, hanya saja selalu di ganti cat saja agar terlihat  yang masih dapat digunakan. Selain itu, halaman sekitar puskesmas merupakan Desa paling ujung pulau, mendapatkan pelayanan kesehatan warga terpaksa ke puskesmas,” tambahnya.

Menurutnya warga lebih memilih pulang dari pada menginap karena  takut ketika ada gempa bum, kondisinya sudah sangat memperihatinkan dari sejak Tahun 1982 sampai sekarang 2019 belum ada bantuan dari pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan.

Puskesmas juga kekurangan sarana dan prasarana  namun sampai sejauh ini pelayanan berjalan dengan baik  hal ini di ungkapkan oleh salah satu anggota Polsek Ruslan Ahmad yang saat di jumpai sedang di periksa oleh petugas puskesmas.

Kegiatan luar gedung Puskesmas yaitu di Polsek Kayoa, pengobatan  penyakit tidak menular (PTM) selain di posbindu yang ada di masyarakat, kegiatan yang sama di laksanakan juga di masing-masing instansi dengan pemeriksaan kesehatan di awali dengan timbang tensi, ukur lingkar perut, sampai pada pemeriksaan gula darah kolesterol dan asam urat, serta d berikan obat sesuai dengan keluhan masing-masing, maka dengan program kerja puskesmas Kayoa kini sangat membantu masyarakat khususnya di Polsek Kayoa yang sedang berjalan pemeriksaannya,” tutup Ruslan. (MS)

0Shares

Berita Terkait :

Pekerjaan Tambal Sulam Pengaspalan Jalan Ambu Radul

Rizky Pratama

Maluku Utara Menjadi Lumbung Suara Paslon No 1

binpers

Janji Jokowi Setelah Dilantik Untuk Kedua Kalinya

Arie Chandra
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy