22.5 C
Bandung
July 9, 2020
binpers.com
Investigasi Lintas Daerah Riau Sosial

Brasi Pantai Desa Pangkalan Batang Barat Bengkalis Terlihat Parah, PT. MAS Dan Pemerintah Diduga Tutup Mata

0Shares

Bengkalis-(Riau), Binpers.com – Saat ini, Abrasi Pantai di sekitar area operasional dermaga penyebrangan  PT.  Meskom Agro Sarimas (MAS) tepatnya di Desa Pangakalan Batang  Barat kondisinya sangat memprihatinkan.  Panjang Pantai yang terdampak abrasi kurang lebih 150 Meter ini menimbulkan keresahan di masyarakat sekitar.

Kita menduga bahwa  pihak perusahaan dengan sengaja tutup mata dan telinga terhadap kerusakan lingkungan ini. Pasalnya, berbagai upaya seperti permohon audiensi untuk mengetahui tanggapan dan tanggunganjawab perusahaan terkait permasalah ini yang dilakukan oleh pemuda tempatan,  organisasi  lingkungan  hidup hingga organisasi kemahasiswaan tidak di respon perusahaan sawit tersebut, demikian ungkap Febri ketua BEM politeknik Bengkalis.

Sebagai putra daerah kita sangat perihatin sekali dengan kondisi abrasi pantai di pulau Bengkalis ini, terutama diareal pihak perusahaan, dimana tanggung jawab sedangkan Undang-undang CSR menjelaskan tanggung jawab pihak perusahaan terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan.

Surat audiensi dari DPD,  Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup Dan B3 Indonesia (AMPHIBI) Kabupaten Bengkalis dengan No. 04/A/AU/DPD/AMPHIBI/VIII/2018 tanggal 25/08/2018 udah dilayangkan namun sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak perusahaan.

“Niat kita baik, kita ingin besinergi dengan perusahaan untuk sama-sama menjaga lingkungan sekitar agar selalu dalam kondisi baik, kalau perusahaan tidak mampu menyelesaikan permasalah abrasi ini,  biar kita tanam hutan mangrove atau upaya-upaya represif  dan preventif lainnya.

Lokasi abrasi pantai tersebut, bersebelahan dengan aktivitas masyarakat yang berprofesi sebagai  nelayan. Selain itu, jarak lokasi abrasi pun tidak jauh dari jalan utama pangkalan batang barat. Artinya kerusakan ini telah menjadi tontonan publik dan telah menjadi permasalahan tersendiri di masyarakat dan jika hal ini dibiarkan akan merusak lingkungan sekitar.

Kami berharap pemerintah pusat maupun pemerintah daerah  terkait permasalahan abrasi diwilayah area perusahaan untuk segera mengambil sikap tegas, begitu juga kita meminta  kepada pihak perusahaan agar jangan hanya memperhatikan profit sehingga mengabaikan lingkungan sekitar.

Untuk itu kita semua harus dapat menyadarkan pihak perusahan agar dapat sama-sama berpikir bagaimana kedepan pihak perusahan jalan terus tanpa mengesampingkan lingkungan sekitar.

Sampai saat ini tim media Binpers.com masih melakukan penelusuran dan belum bisa menghubungi perusahaan serta pihak berwenang untuk dimintai keterangan atas permasalahan tersebut. *(tim)

0Shares

Berita Terkait :

MAKI Kota Palembang Sorot Belanja Bagian Ortala Setda TA 2020

Istia Miralita

Musrenbang Kl Gedanganak Kab.Semarang Tahun 2020

Rizky Pratama

Kejaksaan Negeri Pemalang Panggil Dua Perangkat Desa Mereng Yang Diduga Selewengkan Dana Desa

binpers
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy