28.2 C
Bandung
June 3, 2020
binpers.com
Investigasi Lintas Daerah Sulbar

Bendungan Sekka-Sekka, Diklaim Petani Penyebab Turunnya Produksi Petani Rumpa

0Shares

Polman-(Sulbar), BN- Sedikitnya puluhan petani asal desa Rumpa kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar provinsi Sulbar mendatangi gedung DPRD Polewali Mandar untuk menyampaikan aspirasinya.

Petani asal Rumpa didampingi Kades, Firdaus dan camat Mapilli, Andi Afandi Rahman, sementara dari Komisi III,yang menerima aspirasi dipimpin langsung ketua komisi III DPRD Polman, Rudi Hamzah, didampingi anggota Komisi III diantaranya, H.Hasanuddin, Nurdin Tahir dan Raden Mulyo.

Camat Mapilli, Andi Affandi Rahman didepan Komisi III menympaikan secara gamblang kondisi real pasca musim kemarau dan debet air nyaris saja tidak ada sehingga dapat mengancam petani diwilayah desa Rumpa tidak bisa menggarap sawahnya karena sawah miliknya kering.

Sehingga pihaknya sebagai kepala wilayah Kecamatan Mapilli mengharapkan agar pihak Komisi III menfasilitasi antara OPD tekhnis dengan petani untuk mencari solusi agar sawah para warganya yang berprofesi petani sawah segera di realisasikan dan bisa menggarap sawahnya dengan produksi meningkat.

Menurut Affandi Rahman, berdasarkan pengakuan para petani diwilayah kerjannya, sebelum pembangunan bendungan irigasi Sekka-Sekka dibangun, petani di desa itu mampu melakukan panen tiga kali dua tahun dengan hasil cukup signifikan tetapi sekarang mengalami penuruna drastis.

Apalagi sejak bendungan Sekka-Sekka berfungsi, warga petani tidak bisa lagi hasil produksinya mencapai target, justru menurun setiap tahunnya. Padahal mereka itu memiliki tanggunngan terkait keberadaan keluarga khususnya anaknya masih duduk dibangku sekolah dan kuliah,” tuturnya.

Senada dengan Kades Rumpan, Firdaus, dulu sebelum ada pembangunan bendungan Sekka-Sekka dengan hamparan persawahan mencapai 300Ha dapat mempengaruhi produksi Karen para petani hanya menggunakan tadah hujan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kades Firdaus juga meminta kepada anggota Komisi III agar segera menghadirkan OPD tekhnis seperti Bidang PLA dinas Pertanian, dinas PUPR untuk duduk bersama mencari solusi agar petani di desa Rumpa tidak mengalami keresahan akibat mereka tidak menerima azas manfaat bendungan Sekka-Sekka untuk irigasi pertanian seperti petani disekitar desa Rumpa.]

Menurut Firdaus, ada dua opsi ditawarkan warga petani di desa Rumpa, yakni saluran di Bumiayu bisa dipotong ke hulu, kemudian saluran pembuangan bisa dibendung dan walaupun ada saluran tetapi air tidak pernah sampai ketitik kecuali Segerang.

Setelah pembanguan bendungan Sekka-Sekka selesai dan hanya dimanfaatkan petani disekitar desa Rumpa sedangkan petani di desa Rumpa hanya menjadi penonton, bahkan sengsara dengan keberadaan bendungan Sekka-Sekka karena sawah miliknya tidak mendapatkan pasokan air dari bendungan Sekka-Sekka karena saluran irigasi sangat kecil dan tidak mampu mengairi ratusan hektare sawah terutama pada musim kemarau.

“Sesungguhnya, setiap musim kemarau, petani didesa Rumpa pasti mengeluh karena debet air  menurun tetapi kalau musim hujan, itu tidak ada masalah”, ujarnya mereka secara bersamaan.

Semenetara Ketua Komisi III, Rudi Hamzah mengatakan, akan menampung aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi disampaikan petani dan menfasilitasi melalui dengar pendapat antara perwakilan petani dengan OPD tekhnis yang terkait dan waktunya belum bisa dijadwalkan. Karena ada beberapa agenda penting harus diprioritaskan bagi anggota DPRD Polman diantaranya, pembahasan APBD Perubahan 2018, LKPJ Bupati masa akhir jabatan Bupati termasuk APBD Pokok 2019,” ungkapnya. (Andi Rasyid Moerdani)

0Shares

Berita Terkait :

Diduga Adanya Penggelapan Dana Jadub Oleh Ketua Koperasi Awal Baru di Kec. Tiloan

Susilawati

Operasi Antik Lipu 2020, Sat Res Narkoba Polres Pinrang Ringkus Kurir Antar Provinsi Kantongi  1 Kg Sabu

Rizky Pratama

Kapolda Kepri Terima Anugerah Bintang Bhayangkara Pratama dari Kapolri

Susilawati
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy