20.2 C
Bandung
June 4, 2020
binpers.com
Investigasi Lintas Daerah Sosial Sulteng

Gempa 7,7 Sr Dan Stunami Guncang Kota Palu Dan Sekitarnya

0Shares

Palu-(Sulteng), BN- Bencana gempa berkekuatan 7,7 Sr 2KM arah utara Donggala pada kedalaman 10KM  disusul stunami setinggi 6 meter melanda kota Palu dan sekitarnya pada hari Jumat, (28/9/18) pukul 17.15 WITA.

Stunami menghantam pesisir kota Palu, Donggala, Mamuju dan pelabuhan PT.Pelni Pantoloan Palu. Jumlah korban meninggal mencapai 384 orang tersebar dibeberapa Rumah Sakit di kota Palu, jumlah ini masih terus bertambah mengingat sebagian orang hilang belum ditemukan dan beberapa korban yang kritis sedang dirawat di Rumah Sakit seputar kota Palu.

Ratusan bangunan roboh, sebuah masjid ditepi pantai Talise terendam air setinggi 3 meter dan sdh dalam posisi miring, dan juga jembatan yang menjadi icon kota Palu yakni jembatan Ponulele ambruk. Kerugian materil mencapai milyaran rupiah.

Evakuasi korban terkendala akses jalan darat dan udara yang lumpuh total. Saat ini sedang dilakukan pencarian korban oleh Tim Basarnas, TNI/POLRI, Tagana Sulteng serta sukarelawan lokal maupun dari luar daerah.

Pembersihan jalan dan bandar udara Mutiara guna memperlancar evakuasi korban. Akses jalan trans Sulawesi dari arah Kabupaten Parigi Moutong di areal kebun kopi wilayah Kabupaten Parigi Moutong juga terputus sehingga sedikit menghambat bantuan ke kota Palu. Akses jalan yang ditempuh melalui jalur darat melewati Desa Napu Kabupaten Poso.

Disamping akses jalan dan bandara, pihak keluarga korban kesulitan berkomunikasi karena jaringan Telkomsel terputus.

Bantuan, sandang, pangan dan obat-obatan serta petugas medis sangat dibutuhkan oleh pengungsi korban gempa dan stunami.

Tim Basarnas dari seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah sudah dikerahkan guna menambah personil Basarnas Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan dari Provinsi tetangga Sulawesi Selatan pada 2 jam paska stunami. Sampai berita ini diterbitkan, pelabuhan laut Pantoloan milik PT.Pelni sudah bisa digunakan. (tam)

0Shares

Berita Terkait :

Sebut IPAL Tak Penting, Kadis dr. Dula Dinilai Tak Paham Aturan

Rizky Pratama

Penanganan Kasus Dugaan Korupsi DD Kurrak TA 2016-2017 Dinilai Lemah

Susilawati

Bupati Lamsel Hadiri Wisuda S1 STAIS YASBA Kalianda

Rizky Pratama
BINPERS.COM

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy