Talaga Mori Berkembang Pesat Sejak Dimekarkan

TIDORE-BN, Pemekaran Desa Talagamori kecamatan Oba Tengah Tidore Kepulauan, mengalami pertumbuhan disegala bidang yang cukup pesat sejak dimekarkan sembilan tahun silam.

Banyak pihak menilai Desa ini masih akan terus tumbuh berkembang menjadi Desa yang mempunyai daya saing dengan desa lain di Kota Tidore Khususnya didataran oba.

Terkait hal ini, beberapa waktu lalu Tim Wartawan Berita investigasi Nasional, mengunjungi dan bertemu langsung kepala desa.

Dirinya mengatakan sejak di mekarkan,  desa Talaga Mori ini dulunya adalah kawasan hutan besar, “ketika saya dan beberapa tokoh adat yang kini beberapa telah meninggal, berjuang untuk membuat suatu dusun,  dan Alhamdulillah berkat kerja keras serta bantuan beberapa teman di instansi pemerintahan Kota Tidore, kami diperhatika terutama Walikota dan Wakilnya sangat perhatian terhadap desa kami, bahkan belum lama ini petinggi dari TNI berkunjung ke desa dan melakukan silaturahim bersama masyarakat yang sebagian besar kerjanya petani,”ujar Bapak Hi.kades Talaga Mori.

Hal yang sama juga di ungkapkan oleh Lukman, Warga Desa Talagamori.

Lukman memaparkan, perkembangan pesat tersebut tidak lepas dari tumbuhnya industri dari sektor perkebunan yakni kelapa (Kopra) dan Tanaman sayur sayuran seperti tomat, cabe dan yang lainnya.

“Hal tersebut dinilai berperan terhadap perputaran roda perekonomian masyarakat. Disamping itu sektor perdagangan dan jasa juga terus berkembang seiring pertumbuhan di Desa Talagamori ini,” ucap Lukman.

Tidak itu saja, pembangunan daerah juga turut menyumbang perkembangan wilayah yang dulunya terisolasi, karena selain terpencil juga belum ada akses jalan tembus ke desa tetangga.

Untuk perkembangannya sebagian besar wilayah didominasi sektor perkebunan, namun potensi peternakan sapi juga patut diperhitungkan dengan program intergrasi sapi di Desa Tiga.

Kekompakan antara warga masyarakat Di desa Talagamori dan pemerintah Desa saat ini pun patut mendapatkan acungan jempol, hal ini dibuktikan pada saat kegiatan kerja bakti di sepanjang jalan. (S.MARSAOLY)

Editor Media binpers.com

Berita terkait

Leave a Comment