BINPERS

Berita Investigasi Nasional

Realisasi Dana Desa Desa Ensa Tidak Transparansi

MORUT- BN, Desa Ensa Kecamatan Mori Atas Kabupaten Morowali Utara diduga tidak transparansi kelola Dana Desa tahun 2018 dan Pasang Baliho Dana Desa ADD/DD tahun 2017 terkesan asal asalan saja bahkan Papan Informasi Proyek dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 nyaris tidak pernah ada.

Padahal sudah jelas aturannya wajib memasang baliho realisasi Dana Desa tersebut, agar masyarakat tahu tentang program pemeritah pusat dan kabupaten.

Pemerintah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terus konsisten menaikan Anggaran Dana Desa, menyampaikan bahwa berharap agar penyaluran Dana Desa bisa memberikan efek perputaran uang dibawah, di desa, dan di daerah, sehingga masyarakat akan mendapat manfaat dari dana tersebut.

Namun Desa yang di pimpin oleh Kades Albert Marube ada di Kecamatan Mori Atas Kabupaten Morowali Utara diduga sama sekali tidak menghiraukan peraturan  untuk transparansi Dana Desa, Menteri Desa, Pembangunan Derah Tertinggal, dan Transmigrasi dan  himbauan pemerintahan daerah Provinsi Sulteng.

“Untuk mencegah fitnah dan sebagai bentuk tanggungjawab moral, setiap desa wajib menempelkan minimal baliho, yang isinya penggunaan realisasi dana desa. Tahun kemarin sifatnya himbauan. Tahun ini, jika tidak melakukan itu, mungkin bisa berurusan dengan hukum,” ucap salah satu tokoh masyarakat yang enggan disebut namanya.

Pekerjaan jalan tidak memakai papan dan tidak ada papan informasi Proyek dari tahun 2015 sampai tahun 2018. Pembangunan Insfratrutur tahun 2018 saja yang terlihat jelas, tidak ada papan anggaran, apalagi Baliho untuk realisasi dana desa.

Hingga berita ini diterbitkan, tim media binpers.com belum dapat mengkonfirmasi terkait permasalahan tersebut dari Kepala Desa Ensa karena belum dapat ditemui. (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *