Sekda Kab. Halsel : “Masalah Tambang Nikel di Obi, Bukan Wewenang Kami lagi…”

Bacan, Binpers.com-  Ditengah maraknya pemberitaan  seputar tuntutan masyarakat Desa Kawasi yang berakhir dengan aksi blokade jalan  masuk perusahan oleh masyarakat Kawasi karena merasa telah di bohongi oleh Pihak Perusahan PT. Mega Surya Pertiwi (PT. MSP).

Pasalnya Perusahan Tambang Nikel ini pernah membuat kesepakatan dengan masyarakat Desa Kawasi yang diantaranya akan memberikan fasilitas Listrik secara gratis dan Air bersih kepada masyarakat namun sampai sekarang kesepakatan itu tidak pernah terealisasi.

Menanggapi Hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Halmahera Selatan Helmi Surya Botutihe, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, pada hari Jumat (10/08/2018) mengatakan dirinya juga takut dalam berkomentar terkait masalah  ini karena pertambangan sudah bukan lagi wewenang Pemerintah Kabupaten.

“ini kan masalah Tambang, saya juga takut berkomentar karena ini sudah bukan lagi kewenangan kami” ujarnya

Ia juga menegaskan bahwa Tambang memang tadinya masih wewenang Kabupaten tapi dengan hadirnya UU Pemerintah no 23 Tahun 2014, sekarang semuanya sudah ditarik menjadi kewenangan Provinsi.

“pokoknya segala hal mengenai Tambang, Perijinan, Tenaga Kerja Asing, hingga Lingkungan Hidup segala macam  itu sudah di kelola oleh Provinsi” tegasnya. (MS)

Penulis dan editor di media binpers.com

Berita terkait